• Sabtu, 26 November 2022

Berhenti Sejenak, Menyemai Harap di Tengah HUT ke-76 RI

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:10 WIB





Di tengah perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak hal menarik tersaji. Di Bandung, salah satu hal menarik hadir di perempatan Jalan Merdeka-Aceh, Kota.

Di sini, tepat pukul 10.17 WIB, semua pengendara, pengguna sepeda, hingga pejalan kaki, diminta berhenti oleh polisi dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub). Mereka lalu diajak turun dari kendaraan dan berdiri dengan posisi sempurna.

Selanjutnya, mereka mendengarkan lagu 'Indonesia Raya' yang dikumandangkan melalui pengeras suara di atas lampu lalu lintas. Semua tampak khidmat. Tak hanya remaja dan orang dewasa, anak-anak pun terlihat serius mengikuti kegiatan yang berlangsung tiga menit tersebut.

Di antara mereka ada yang ikut menyanyikan 'Indonesia Raya' sambil menghormat. Namun, ada juga yang hanya melakukan sikap homat. Yang pasti, suasana kompak sangat terasa. Semua serempak mengikuti arahan dan larut dalam perayaan kemerdekaan.

Pemandangan ini cukup unik. Sebab, semua yang ada di perempatan diajak mengikuti upacara. Tak terdengar ada protes atau bunyi klakson tanda keberatan dari pengendara. Semua terlihat kompak. 

-

Tepat di area tengah perempatan, ada petugas Dishub yang memegang bendera Indonesia. Masih di area yang sama, polisi dan petugas Dishub juga berbaris selayaknya melakukan upacara. Salah seorang polisi jadi pemimpin upacara yang memberi instruksi dalam kegiatan tersebut.

Ya, kegiatan ini hanya berlangsung tiga menit saja. Namun, hal ini seolah penegas rakyat Indonesia bisa bersatu dan sangat mencintai negaranya.

Seusai menyanyikan lagu 'Indonesia Raya', semua yang ada di lokasi diajak mengheningkan cipta. Semua tertunduk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X