• Sabtu, 26 November 2022

Cerita di Balik Relawan Sejuta Vaksin COVID-19

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:15 WIB





Aksi baik bisa dilakukan dengan beragan cara. Bahkan, meluangkan waktu dan tenaga pun bisa dilakukan.

Hal ini terlihat di SDN 053 Bandung, Senin (16/8/2021), saat digelar vaksinasi COVID-19 massal. Kegiatan ini dijalankan Puskesmas Dago.

Dalam vaksinasi ini, ada banyak relawan di luar pihak puskesmas dan aparat kewilayahan terlibat. Salah satunya dari Rumah Amal Salman yang menerjunkan puluhan relawan.

Koordinator Program Sejuta Vaksin Rumah Amal Salman Abdul Aziz mengatakan pihaknya memiliki banyak relawan. Tak hanya dalam vaksinasi yang digulirkan Puskesmas Dago, mereka diterjunkan ke berbagai puskesmas di Bandung sejak Juli 2021 guna membantu kelancaran vaksinasi massal.

"Kita jalan (memperbantukan relawan vaksinasi ke puskesmas) sejak 10 Juli. Awalnya tuh kecil-kecilan, kita cuma ngirim lima orang, 10 orang, makin lama orang-orang pada tahu 'oh Rumah Amal Salman bisa ngirim relawan nih untuk vaksinasi'. Bahkan, sekarang sehari kita bisa ngirim 100 relawan ke beberapa puskesmas gitu," ucap Aziz.

Baca Ini Juga Yuk: Duet Antrique & Rumah Amal Salman Perluas Vaksin Tanpa Kerumunan

-

Saat ini, total Relawan Sejuta Vaksin Rumah Amal Salman mencapai 750 orang. Mereka bergabung dengan sukarela. Motivasi mereka patut diacungi jempol. Apalagi, relawan yang mayoritas mahasiswa/mahasiswi ini bukan berlatar belakang dari kampus kesehatan.

"Rata-rata background-nya masih mahasiswa dan kebanyakan tuh bukan jurusan kesehatan. Pokoknya siapapun itu yang mahasiswa di Kota Bandung, banyak yang mendaftar jadi relawan," tutur Aziz.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X