• Sabtu, 26 November 2022

Makin Solid Hadapi Pandemi dengan #MenangBersama

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:17 WIB





Sejumlah jaringan publik kembali bikin kolaborasi apik #MenangBersama. Aksi solidaritas ini menjadi suksesor dari gerakan #WargaBantuWarga yang terbilang sukses di masa pandemi COVID-19.

#MenangBersama itu sendiri merupakan upaya penguatan solidaritas dalam penanggulangan pandemi di Indonesia. Gerakan ini lahir dari kolaborasi Paragon Technology & Innovation, Rumah Amal Salman, Pemimpin.id, Ganara.Art, Dampak Sosial Indonesia, Semua Murid Semua Guru, Everidea, Tunas Bakti Nusantara, Psikologi Bergerak, dan Yayasan Ganara Mari Berbagi Seni. Pada tahap awal, gerakan ini akan diluncurkan di Bandung dan Jakarta.

Dalam keterangan resminya, Ketua Jaringan Publik #MenangBersama Tita Djmaryo mengatakan, gerakan ini hadir untuk memberikan bantuan dan akses langsung pada masyarakat. Bantuan disalurkan dengan empat kanal atau output.

“Tujuan utama yang ingin dicapai oleh gerakan bersama ini untuk memperkuat resiliensi (ketangguhan) masyarakat dengan mendorong partisipasi publik dalam mobilisasi sumber daya untuk mendukung berbagai solusi penanggulangan pandemi,” ujar Tita.

Ada empat layanan bagi pasien positif COVID-19 atau warga yang ekonominya terdampak selama masa pandemi. Empat layanan tersebut antara lain bantuan penderita COVID-19, bantuan psikologis, bantuan untuk bertahan dan bantuan lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Bukti Kolaborasi & Berbagi Jadi Kunci di Tengah Pandemi

Untuk bantuan bagi pejuang COVID-19, gerakan ini bakal memokuskan layanan bagi penyintas yang tidak dapat memenuhi kebutuhan isolasi mandiri dan kebutuhan daruratnya. Sejumlah fasilitas seperti isolasi untuk 10 penderita COVID-19 dengan gejala ringan dan fasilitas tambahan untuk 15 pasien OTG akan diluncurkan dengan lokasi di Jakarta dan Bandung.

Selain itu, #MenangBersama juga menyiapkan 25 unit ventilator untuk dipinjamkan pada para pejuang pejuang COVID-19 yang membutuhkan bantuan pernapasan di Bandung. “Keterbatasan tempat, kebutuhan isolasi dan kebutuhan darurat bagi penderita COVID-19 menjadi fokus pertama dari #MenangBersama,” sambung Tita.

Selanjutnya, bantuan psikologis akan diberikan guna membantu dan memastikan kesehatan mental pejuang COVID-19, tenaga kesehatan dan keluarganya, serta keluarga pasien yang tengah menjalani isolasi.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X