• Kamis, 6 Oktober 2022

Perjalanan, Luasnya Hati, dan Berbagi ala Uncle Teebob

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 14:51 WIB

Aksi ini pertama kali dilakukannya pada tahun 2005 dan masih bertahan hingga saat ini. Aksi ini bermula dari kebosanannya menjalani rutinitas dunia malam.

"Waktu itu mikir, kok gue nongkrong malem kegiatannya gini-gini aja ya? Akhirnya kepikiranlah buat ngasih makan ke orang-orang di pinggir jalan. Lokasi awalnya saat itu di Jalan Asia-Afrika, dekat Gedung Merdeka tuh," ingatnya.

Razia Orang Lapar bisa dilakukan Uncle secara acak. Buktinya, karena keterlambatan kami di hari Kamis, tiba-tiba saja ia sudah mengunggah foto di daerah Jalan Wastukancana dan sedang menjalankan aksi Razia Orang Lapar. Saat kami susul ke sana, ia sudah bergeser entah ke mana.

Ngacak banget ya, Uncle?
Iya. Emang kita kalau jalan, ya, jalan aja.

Ada hal apa sih yang membakar semangat Uncle dalam menjalankan aksi ini?
Lebih ke bagaimana kemampuan orang-orang (di jalanan) itu untuk bertahan hidup. Saya pernah ketemu ada sekeluarga gitu, dia dulunya kepala keluarganya tuh sekelas manajer gitu, dan karena pandemi, mereka jadi pemulung dong. Tapi mereka mau survive gitu. Bertahan.

Aksi baik yang belakangan jadi perbincangan hangat adalah saat dirinya menjual dua mobilnya untuk membangun dapur umum bagi penyintas covid yang sedang menjalani isolasi mandiri di wilayah Cipedes, Bandung. Ia tertawa saat ditanya hal ini.

"Aduh, gue sebenernya udah nutup-nutupin hal ini loh. Sialan," katanya.

Seriusan dua mobil?
Kalau yang pertama itu kan memang sudah kejual mobilnya. Nah, mobil kedua ini aku ngasih hadiah ke istri pas aku ulang tahun tanggal 27 lalu. Kan orang ulang tahun itu harusnya dia yang ngasih hadiah ya. Aku kasih mobil ke istri, dan mobil itu dijual istri deh.

Kaget dong, Uncle?
Kagetnya ada, keselnya ada, tapi senengnya luar biasa.

Kenapa kok istri sampai mau ngejual mobil sih?
Enggak tau atuh. Hahaha, yang jelas pas saya tanya, dia bilang "lah, kan kamu yang ngajarin," ya udah deh. Mau gimana lagi.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X