• Rabu, 10 Agustus 2022

Perjalanan, Luasnya Hati, dan Berbagi ala Uncle Teebob

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 14:51 WIB

Sebagai pengingat, Ia juga sempat merasakan profesi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bogor pada awal dekade 90-an. Namun, perjalanannya menjadi abdi negara relatif singkat. Karena merasa kerap mendapat uang yang menurutnya tak halal, Uncle memutuskan untuk keluar dari instansi pelat merah tersebut.

Kok bisa sih, Uncle?
Waktu itu gaji saya 500 ribu. Tapi kok bisa ngasih mama sebulan sekali sampai sejuta, bisa beli rumah, mobil. Nah, di situ saya ditanya orang tua "ini uangnya dari mana?"

Terus, jawaban Uncle gimana?
Duar! Wakwaw aja. Hahaha.

Respons orang tua saat itu?
Mama bilang "yuk kita berpikir pakai logika," terus dia tanya penghasilan saya yang hanya 500 ribu itu dan minta ngitung deh sama apa yang sudah didapatkan. Pas saya diam, mama bilang "udah, enggak usah dijelasin kalau enggak bisa ngejelasin. Cuma kamu tega, ya". Waduh, di situ saya diam. Saya mikir. Setelah saya pertimbangin, saya memilih buat mundur aja (dari ASN).

Proses mundurnya gimana?
Lama banget. Posisinya juga kan saat itu lumayan lah. Ada sembilan kali saya mengajukan pengunduran diri sebelum akhirnya diterima. Awalnya izin dulu ke mama, sempat ditahan, dan disaranin untuk tetap jadi PNS yang enggak korup. Tapi, saya bilang, saya sudah bulat kepengin mundur. Minta restu, akhirnya saya melepaskan diri dari sana.

Setelah mundur, apa yang Uncle lakuin?
Berkelana.

Perjalanan ini dilakukannya dari ujung Barat hingga Timur Indonesia. Perjalanan sejak 1993 hingga memasuki dekade awal 2000-an membentuk Uncle jadi pribadi yang lebih merunduk, peka, dan makin royal untuk berbagi.

Baca Ini Juga Yuk: Kopi Penuh Asa dari Cici sang Barista Netra

-

Berbagi dan Kolaborasi
Sejak 1993, Uncle memutuskan diri berkelana. Berbagai kegiatan dan pekerjaan dilakoninya. Wilayah hingga penjuru nusantara pun disambanginya sembari menjalankan aksi sosial. Namun, aksi yang kemudian bertahan sampai hari ini adalah Razia Orang Lapar.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X