Memupuk Semangat Kebangkitan Ekonomi Kreatif di Jabar

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:20 WIB





TemanBaik, bicara tentang Jawa Barat, tentu tak akan lepas dari ekonomi kreatif. Sebab, ada begitu banyak kegiatan ekonomi yang mengandalkan kreativitas.

Sebagai gambaran, pada 2016 lalu Jawa Barat berkontribusi pada ekspor ekonomi kreatif dengan persentase 31,96% atau senilai 6,5 juta dollar Amerika Serikat. Jawa Barat pun jadi salah satu penyumbang PDRB tertinggi ekonomi kreatif dengan 11,81% atau Rp191.134 triliun.

Namun, sejak 2020, ada tantangan besar bagi sektor ekonomi kreatif di Jawa Barat usai dilanda pandemi COVID-19. Catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, selama 2020 ada 16.104 pelaku ekonomi kreatif yang terkena imbas pandemi.

Bahkan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat pada 2020 mencatat adanya kontraksi ekonomi sebesar 4,08% year-on-year atau penurunan sebesar 5,15% pada kuartal ketiga tahun 2020.

Sementara jika dilihat dari sisi produksi, pertumbuhan terendah terdapat pada usaha jasa sebesar -18,93% yang di dalamnya termasuk beberapa subsektor ekonomi kreatif yang terkait dengan usaha jasa.

Baca Ini Juga Yuk: Kreasi Seni Ciamik dalam Konten #SamaSamaBelajar TikTok

-

Meski begitu, Jawa Barat tak mau menyerah. Berbagai langkah dilakukan agar ekonomi kreatif perlahan kembali pulih. Sehingga, secara umum ekonomi di Jawa Barat juga akan terus bergeliat.

"Pengembangan ekonomi kreatif di Jawa Barat akan terus didorong melalui kegiatan-kegiatan dukungan pemulihan ekonomi pasca dampak COVID-19," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, pengembangan ekonomi kreatif juga didorong melalui pedesaan. Tujuannya agar desa-desa di Jawa Barat bisa menjadi Desa Kreatif Juara.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X