Aksi Baik Ajarkan 'Pejuang Negatif' Bermain Roundnet

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:00 WIB





Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendukung pasien COVID-19 agar segera negatif alias sembuh. Setiap orang atau kelompok bahkan bisa melakukannya sesuai gaya sendiri.

Roundnet Indonesia misalnya, perkumpulan olagraga non profit yang berpusat di Kota Bandung ini juga turut melakukan aksi baik bagi para 'pejuang negatif' di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSCD) Wisma Atlet, Jakarta.

Belum lama ini, beberapa anggota Roundnet Indonesia mendatangi lokasi. Mereka memberikan sejumlah peralatan olahraga roundnet agar bisa dipakai para pasien.

Tak hanya peralatan olahraga, mereka juga mengajarkan bagaimana cara bermain roundnet. Jadi, peralatan yang diberikan diharapkan tak sia-sia karena pasien tahu cara memainkannya.

Baca Ini Juga Yuk: Satu Sesi Bermain Roundnet, Olahraga Baru yang Seru Banget!

-


Berawal dari Video Viral
Ide memberikan peralatan dan mengajarkan bermain roundnet ini bermula dari viralnya video para pasien di Wisma Atlet berolahraga beberapa waktu lalu. Kegiatan ini tentunya untuk menjaga dan meningkatkan imunitas para 'pejuang negatif'.

Tersentuh dengan olahraga yang dilakukan mereka, Roundnet Indonesia tergerak memberikan perlengkapan dan mengajarkan bermain roundnet. Sehingga, mereka yang tinggal di Wisma Atlet punya pilihan olahraga untuk dilakukan.

Apalagi, roundnet bukan sekadar olahraga yang menyehatkan. Olahraga yang diciptakan Jeff Krunek pada 1989 itu mengandung unsur kegembiraan dalam permainannya. Singkatnya, roundnet adalah olahraga rekreasi.

"Di Wisma Atlet, baik pasien, nakes, dan relawan membutuhkan aktivitas yang happy atau gembira demi menjaga dan menaikkan imun. Sehingga, kami yakin roundnet yang sifatnya olahraga rekreasi dapat sedikitnya membantu teman-teman di sini dari sisi kesehatan berolahraga dan hati yang riang gembira," kata pendiri Roundnet Indonesia Genta Fajar.

Untuk membeli peralatan roundnet yang disumbangkan, Roundnet Indonesia menggalang donasi. Gayung bersambut, niat baik ini mendapat bantuan dari berbagai pihak. Sehingga, peralatan olahraga roundnet bisa dihadirkan di Wisma Atlet.

"Alhamdulillah, setelah kami berkoordinasi dengan Wisma Atlet dan membuka donasi, terkumpul uang yang hasilnya untuk membeli beberapa set alat olahraga roundnet, baik untuk anak-anak maupun dewasa," ungkap Genta.

Baca Ini Juga Yuk: Ngobrol Bareng Genta Fajar, Bapak Roundnet Indonesia

-


Ajarkan Roundnet Pakai APD
Dari pemberian peralatan roundnet ini, ada hal menarik tersaji. Trainer alias pelatih dari Roundnet Jakarta Barat mengajarkan bermain roundnet pada para penghuni Wisma Atlet secara langsung. Ya, mereka bertemu dan berinteraksi langsung dengan mereka!

Berisiko? Ya, memang berisiko. Namun, hal ini ditempuh dengan cara seaman mungkin. Para trainer pun memakai alat pelindung diri (APD) lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Dengan begitu, interaksi bisa langsung dilakukan dengan para penghuni Wisma Atlet. Sehingga, para trainer bisa memastikan olahraga ini dipahami dan kelak bisa dimainkan tanpa kehadiran para trainer.

"Kami dari tim trainer wajib menggunakan APD dengan standar prokes ketat dan ditemani staf nakes selama berada di red zone area," jelas Genta.

Dalam pelaksanaannya, tim trainer dibagi dua. Tim pertama yang berjumlah lima orang melatih pasien COVID-19. Sedangkan tim kedua yang berjumlah tiga orang mengajarkan tenaga kesehatan dan relawan. Ia pun berterima kasih pada tim di Wisma Atlet yang memberikan arahan dan perlindungan kepada tim trainer demi keselamatan selama di lokasi.

"Tim Humas Wisma Atlet menyambut baik kegiatan ini sekaligus memberikan bimbingan dan arahan dengan sangat baik, terutama tim yang ke red zone karena area tersebut adalah tempat paling rawan dan berisiko dimana pasien COVID-19 masih sangat banyak," tutur Genta.

Semoga donasi perlatan dan mengajarkan olahraga roundnet ini bermanfaat bagi pasien, nakes, hingga relawan di lokasi ya, TemanBaik. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan apa sih olahraga roundnet ini, kamu bisa mengaksesnya melalui media sosial dan laman Roundnet Indonesia.

"Roundnet baru sekitar setahun dikenalkan di Indonesia dan bisa menjadi pilihan olahraga di era pandemi ini. Untuk yang lebih ingin mengenal olahraga ini bisa mengunjungi akun media sosial kami di @roundnetindonesia atau www.roundnetindonesia.com," pungkas Genta.


Foto: dokumentasi Roundnet Indonesia


Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X