Keren! Begini Kompaknya Ibu-ibu Bantu Pasien Isoman

- Senin, 2 Agustus 2021 | 14:52 WIB





Berbagai aksi baik seolah terus lahir. Setiap aksi baik pun punya cerita menarik tersendiri, salah satunya di Posko Gerakan Bantu Isoman di kawasan Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung.

Di sini, kekuatan emak-emak alias ibu-ibu jadi tumpuan utama. Mereka jadi bagian penting di balik aktivitas dapur umum yang sudah berjalan sekitar sebulan itu.

Dapur umumnya sendiri berada di area terbuka yang dipasang semacam tenda. Di sana, 18 perempuan yang merupakan kader PKK setempat, setiap harinya sibuk menyiapkan makanan. Makanan ini selanjutnya akan disalurkan ke rumah pasien isolasi mandiri (isoman).

Niat mereka sederhana. Namun, niat yang ada diwujudkan melalui aksi nyata. Mereka mau meluangkan waktu di sela kesibukan masing-masing sebagai ibu rumah tangga. Sehingga, sejak pagi hingga siang, kadang sore, mereka berada di dapur umum. Mereka juga turut menyalurkan makanan kepada pasien isoman yang rumahnya tak jauh dari dapur umum.

"Ikut bantu di sini karena tergerak ingin membantu sesama," ujar Kusmiati (49) yang aktif berkegiatan di dapur umum sejak awal berdiri.

Kusmiati sendiri tampak sibuk memasukkan nasi dan aneka lauk pauknya ke dalam wadah. Tangannya terlihat cekatan dan fokusnya terjaga meski di saat bersamaan diajak berbincang seputar kegiatannya di lokasi.

-

Baginya, apa yang dilakukan jadi bukti nyata saling bantu di tengah pandemi. Ia mengerahkan apa yang bisa dilakukannya ketimbang hanya berpangku tangan. Semangatnya pun terjaga berkat kekompakkan dengan ibu-ibu lainnya di lokasi.

"Yang bikin semangat teman-teman sesama kader PKK juga, kompak, jadi bikin semangat terus," ungkap Kusmiati.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X