Kopi Penuh Asa dari Cici sang Barista Netra

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:28 WIB





Ramah, cekatan, dan asyik diajak berbincang. Begitu kesan yang Beritabaik.id dapatkan saat bertemu Sri Ayu Astuti. Ia adalah barista di Cafe More, kedai kopi di Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Bagi yang belum tahu, Cafe More inik tergolong unik. Sebab, semua baristanya adalah teman netra alias tunanetra. Meski begitu, kemampuan barista netra ini tak kalah dari barista pada umumnya.

Perempuan yang akrab disapa Cici itu pun dengan senang hati meluangkan waktu saat diajak berbincang seputar pengalamannya menjadi barista. Banyak hal menarik terungkap.

Dalam kesehariannya, Cici maupun barista lain di sini kerap menyapa pengunjung yang datang. "Selamat datang di Cafe More," begitu salam yang selalu disampaikan saat pengunjung membuka pintu kafe.

Di sini, cara memesan kopi sedikit berbeda. Pengunjung harus mendatangi area kasir yang di sampingnya berfungsi sebagai tempat meracik kopi dan minuman lainnya.

-

Foto: Rayhadi Shadiq/Beritabaik.id

Pengunjung lalu akan ditawarkan berbagai menu. Barista juga akan menjelaskan minuman apa saja yang direkomendasikan sebagai menu unggulan, salah satunya es kopi susu gula aren. Jika tak suka dengan rekomendasi yang ada, pengunjung bisa memilih sajian lain di daftar menu.

Setelah memilih menu, pengunjung diharuskan membayarnya dan tinggal menunggu di meja dan kursi yang tersedia. Saat pengunjung menunggu, Cici akan langsung bergegas menyiapkan pesanan dan memanggil pengunjung ketika minuman selesai dibuat.

Ya, di sini pengunjung harus mengambil sendiri pesanannya ke kasir. Namun, jika barista sedang tak sibuk dan pengunjung ingin pesanannya diantar, sesekali Cici mengaku bisa mengantarkannya ke meja konsumen.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X