Sedekah Benih, Menyemai Harapan di Lahan Kecil

- Selasa, 27 Juli 2021 | 12:46 WIB

Berawal dari lonjakan harga cabai hingga Rp200 ribu per kilogram beberapa tahun lalu, Mang Dian, seorang petani asal Setra Ria, Kota Bandung, menggagas aksi baik yang kini dikenal dengan nama Sedekah Benih. Bagaimana ceritanya?

Saat dikunjungi Beritabaik.id di kebunnya pada Senin (26/7/2021), Dian sedang menjalankan rutinitasnya berkebun. Aneka ragam sayuran untuk kebutuhan rumah tangga mulai dari pakcoy, sosin, selada, cabai rawit, dan masih banyak lagi tumbuh subur di lahan 400 meter persegi ini. Ya, sudah lima tahun Dian menjalankan rutinitas berkebunnya.

Tak sekadar berkebun, pria ini juga melakukan aksi baik dengan menyedekahkan hasil kebunnya kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat yang disebut dengan penerima manfaat ini bisa 'tertular' kebiasaan baik berkebun ini, kendati hidup di kota dengan lahan terbatas.

"Suplai yang kita berikan untuk kebutuhan keluarga. Minimal, satu keluarga itu bisa makan hasil kebunnya sendiri, dan ini berkelanjutan," ujar Dian.

Pada masa-masa awal dirinya menggagas Sedekah Benih, tak jarang ia menjumpai sambutan dengan nada minor alias rasa pesimistis dari beberapa pihak, utamanya dari pihak kewilayahan di tempat ia tinggal. Namun, dengan tekad dan semangatnya menyebarkan kebiasaan baik berkebun, perlahan impiannya berhasil diwujudkan.

Pertemuan dengan seniman kontemporer Vincent Rumahloine akhirnya mengubah haluan dari gerakan yang awalnya sedekah bibit ini menjadi sedekah benih. Respons dari kawan-kawan dekat Vincent yang merupakan seniman Bandung, pada akhirnya menjadi angin segar bagi 'kampanye' urban farming yang coba digagas Dian.

Respons dari seniman ini berujung pada pertunjukan musik untuk tanaman, atau memperlakukan tanaman sebagai medium berkesenian. Sehingga pada akhirnya imej tentang kegiatan berkebun tak lagi kaku seperti yang kita bayangkan.

"Sebetulnya, launching Sedekah Benih mah baru resmi ada Oktober 2021 nanti. Sekarang kita fokus ke penerima manfaat dalam jumlah terbatas," terangnya.

Saat ini, penerima manfaat dari Sedekah Benih baru berjumlah sekitar 150 orang. Menariknya, para penerima manfaat ini enggak sekadar menerima benih saja, melainkan juga dapat pendampingan dari Dian selaku penggagas. Adapun pendampingannya dilakukan lewat grup WhatsApp.

Halaman:

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

X