• Rabu, 7 Desember 2022

Cerita Menggugah Hati dari Makan Siang Gratis di Kedai Kopi

- Senin, 26 Juli 2021 | 09:20 WIB

Aksi baik di saat pandemi selalu punya cerita menarik tersendiri. Selalu ada hikmah yang bisa dipetik dan tentunya jadi pelajaran bagi banyak orang.

Salah satu kisah hadir dari Kozi Coffee Veteran di Jalan Veteran, Kota Bandung. Sejak awal Juli, di sini selalu disediakan makan siang gratis dengan menu beragam setiap harinya.

Sebelum pukul 11.00 WIB, biasanya di area halaman kedai kopi ini akan memasang dua meja yang digabungkan. Tak lama berselang, puluhan nasi kotak akan dibawa dan ditata di atas meja.

Saat Beritabaik.id hadir di lokasi, kurang dari lima menit, puluhan nasi kotak sudah tandas. Hanya tinggal meja kosong dan sepinya suasana kedai karena tak boleh ada konsumen yang makan-minum di tempat.

Mereka yang mengambil nasi kotak ini adalah warga sekitar, pejalan kaki, pekerja pertokoan di Jalan Veteran, hingga pengemudi ojek online (ojol). Ada yang terlihat ragu-ragu mengambilnya dan memilih bertanya lebih dulu untuk meyakinkan makanan itu gratis. Namun, ada juga yang sudah tahu itu gratis dan mengambilnya sesuka hati.

Ada yang hanya satu nasi kotak saja. Namun, ada pula yang mengambil dua hingga nasi kotak. "Dua enggak apa-apa ya, buat teman saya satu di sana," tanya perempuan pejalan kaki.

Setelah dijelaskan itu gratis dan boleh membawa berapapun, pejalan kaki itu mengambil nasi kota dengan gembira. Bahkan, ia terlihat beberapa kali menganggukkan kepala sambil berucap hatur nuhun berkali-kali yang berarti terima kasih.

Pemandangan ini kerap terjadi setiap hari. Suasana yang ada seolah memberi bukti bahwa begitu banyak orang terdampak pandemi hingga kesulitan makan. Di sisi lain, situasi ini juga mengamini bahwa kebaikan selalu ada meski tengah pandemi.

Beritabaik.id kemudian berbincang dengan Owner Kozi Coffee Veteran Ayu Oktarini seputar aksi bagi-bagi makan siang gratis ini. Ia juga membagi pengalaman menariknya selama perjalanan aksi baiknya.

Halaman:

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

X