Cerita di Balik Topeng sang Badut Hendayana

- Minggu, 25 Juli 2021 | 12:00 WIB





Penampilannya seperti badut pada umumnya yang tengah beraksi. Pakaian warna-wani, wajah di-makeup, hingga hidung 'palsu' yang bulat berwarna merah.

Ia juga memakai kacamata berwarna putih dan topi biru, menambah nyentrik tentunya. Ia beraksi di depan kamera dan ponsel yang dipakai untuk menayangkan aksinya melalui Zoom serta siaran langsung Instagram dan Facebook.

Sosoknya begitu piawai mendongeng, melakukan trik sulap, hingga mengampanyekan protokol kesehatan. Aksinya pun kerap mengundak gelak tawa.

Pemandangan itu terlihat saat sang badut tampil di salah satu Taman Kanak-kanak (TK) di kawasan Balonggede, Kota Bandung. Itu jadi gambaran kesehariannya saat menjalankan profesi sebagai badut.

Seusai beraksi, sang badut langsung membereskan perlengkapan aksinya dan mengganti pakaian. Ia kemudian menghapus makeup menggunakan tisu basah. Sesaat kemudian, ia tak menolak ketika dihampiri untuk dianak berbincang.

"Nama saya Hendayana kang, biasa dipanggil Henda," katanya.

Sebagai badut, pria 41 tahun itu tentu sudah biasa menghibur dalam berbagai kegiatan, mulai dari ulang tahun, acara anak-anak, serta berbagai kegiatan lainnya. Menjadi badut jadi jalannya mencari nafkah bagi keluarga.

Pria yang tinggal di Kota Cimahi ini mengaku sudah sekitar empat tahun menjadi badut. Sempat menjalani berbagai profesi lain, menjadi badut memberinya kenyamanan dan kepuasan lebih.

"Kalau di badut, saya sudah empat tahun, kang. Saya empat tahun di badut dan alhamdulillah menikmati," ujarnya.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X