• Rabu, 7 Desember 2022

Semesta KumBo, Ruang Berkreasi yang Aman dan Nyaman untuk Anak

- Minggu, 13 Juni 2021 | 11:05 WIB

TemanBaik, sudah semestinya masa kanak-kanak menjadi waktu yang menyenangkan. Dimana kita bebas bermain, berkreasi, sambil mengeksplorasi banyak hal baru. Tapi tentunya memiliki tempat yang tepat untuk anak mengekspresikan dirinya tak kalah penting untuk diperhatikan loh!

Semesta KumBo, merupakan sebuah komunitas anak yang berdiri sejak awal tahun 2020. Bukan sekadar menjadi tempat berkumpul anak-anak, komunitas ini berusaha memberikan anak ruang untuk melakukan banyak hal dan mengeluarkan berbagai ide untuk mengekspresikan dirinya. 

Berawal dari ketertarikan lebih pendirinya, Lia Kusumawardani, pada dunia anak. Kepada Beritabaik.id Lia bercerita jika keterlibatannya dengan dunia anak dimulai saat dirinya bekerja di salah satu radio anak Surabaya. 

"Di radio itu saat siaran kita didampingi anak-anak usia TK sampai SD. Di sana aku tahu kalau anak akan mau belajar jika dia merasa senang dengan materinya dan menganggap itu hal menarik buat mereka. Kalau mereka dikasih kebebasan berekspresi belajarnya akan lebih dahsyat, yang dipelajari lebih lama menempelnya," ujar Lia. 

Waktu berlalu, kerinduan Lia berinteraksi dengan anak-anak kembali muncul saat dirinya pindah ke Jakarta. Inilah yang menjadi cikal bakal Lia melahirkan Semesta KumBo, yang saat awal berdirinya bernama Kumpul Bocah

Baca Ini Juga Yuk: Jelajah Tempat "Angker" ala Sahabat Heritage Indonesia

Selama menjalankan Semesta KumBo, Lia menggunakan metode participating learning, yaitu anak-anak diajak untuk lebih banyak aktif berkegiatan. Sedangkan pendamping dewasa hanya mendampingi dan mengarahkan sesuai ilmu dan kemampuan yang dimiliki. 

"Jadi kegiatan Semesta KumBo ini juga bergulir karena ide dan permintaan mereka. Misal waktu itu mereka mau belajar desain pakai canva, aku carikan mentornya. Ini seru! Mereka jadi lebih semangat menjalaninya karena memang mereka yang mau," cerita Lia. 

Lia menambahkan, anak-anak yang tergabung dalam Semesta KumBo tidak semata-mata mengikuti kegiatan yang ada. Lebih dari itu, mereka diajak untuk berdiskusi hingga memberikan ide, sehingga anak-anak merasa keberadaannya diapresiasi. 

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

X