• Kamis, 6 Oktober 2022

Etika Membantu Tunanetra yang Wajib Kamu Tahu

- Senin, 24 Februari 2020 | 11:00 WIB

TemanBaik, mungkin di antara kamu ada yang tersentuh ketika bertemu dengan disabilitas tunanetra. Mungkin ingin membantu mereka ketika melakukan aktivitas. Tapi, jangan asal membantu ya. Ada etika yang harus kamu lakukan. Apa saja ya?

1. Menepuk Pundak dan Kenalan

Langkah pertama ini wajib kamu lakukan. Tepuk pundak tunanetra yang ingin kamu bantu. Tapi, tentu dengan tepukan atau sentuhan pelan ya agar tunanetra yang bersangkutan tak kaget.

Setelah itu, kenalkan diri dan saling berkenalan deh. Kemudian, tanya dengan ramah apakah tunanetra itu butuh bantuan untuk melakukan sesuatu atau tidak. Misalnya, saat mereka kebingungan di pinggir jalan, kemungkinan mereka akan menyeberang atau mau naik kendaraan umum. Untuk kepastian jawabannya, tentu kamu harus bertanya.

Kenapa sih harus bertanya dulu? Tentu agar bantuan yang diberikan tidak salah. Selain itu, tunanetra yang bersangkutan juga belum tentu merasa perlu bantuan. Bisa jadi kamu menganggap mereka tidak bisa melakukan sesuatu. Tapi, justru sebaliknya, mereka bisa melakukannya sendiri dan tak perlu bantuan orang lain.

Jangan memaksa memberikan bantuan jika tunanetra itu tak mau dibantu. Paksaan juga akan membuat mereka kemungkinan tersinggung loh. Tapi, jika kamu ragu dia menolak bantuan karena takut merepotkan, tanya baik-baik deh agar kamu yakin dia butuh bantuan atau tidak.

"Prinsipnya harus ada keterbukaan. Kalau dalam bahasa Sunda ada istilah 'hade goreng ku basa' (baik atau buruk bisa diselesaikan dengan komunikasi)," kata pegiat HAM Disabilitas Bandung Raya Aden Achmad.


2. Pahami Cara Membantu

Halaman:

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

X