• Sabtu, 26 November 2022

4 Pesan Ibu yang Selalu Dijalankan Ridwan Kamil

- Senin, 23 Desember 2019 | 11:30 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sangat menghormati dan mencintai sang ibu yang bernama Tjutju Sukaesih. Dalam berbagai kesempatan, ia kerap kali mengatakan bahwa ibunya sangat berperan penting dalam kehidupannya, termasuk menyokongnya sebagai kepala daerah.

"Hidup saya begini, selamat sampai hari ini, karena doa ibu saya," kata Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui usai peringatan Hari Ibu di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (23/12/2019).

Ia lalu mengungkap empat pesan ibunya yang jadi landasan hidupnya. Pertama, sang ibu menasihatinya agar jadi orang yang bermanfaat. Bahkan, sang ibu berperan penting dalam penentuan keputusan dalam karier politiknya.

"Beliau mendorong dulu saya jadi Wali Kota Bandung, melarang saya jadi Gubernur Jakarta, tapi mendorong jadi Gubernur Jawa Barat. Itu karena pertimbangan-pertimbangan yang sangat rasional dalam menyelamatkan saya," ungkapnya.

Ia pun bersyukur karena menuruti nasihat ibu. Hasilnya pun tak mengecewakan. "Alhamdulillah nasihatnya itu berhasil. Saya jadi Wali Kota (sampai) selesai, bukan setengah jalan kan, dan juga terpilih jadi Gubernur Jawa Barat," jelas Emil.

Baca Ini Juga Yuk: Kisah Ridwan Kamil Lestarikan Lingkungan dari Gerakan Berkebun

Pesan kedua, ia dinasihati agar selalu jadi pribadi yang rendah hati. Jabatan yang diemban pun jangan sampai membuatnya salah langkah. "Kekuasaan itu ibu saya bilang hanya sementara. Kalau sementara, tong lalawora (jangan sembarangan melangkah) bahasa Sundanya gitu," ucapnya.

Ketiga, sang ibu menasihati agar Emil jadi pribadi yang tak pendendam. Karena itu, ia mengaku selalu memaafkan kesalahan orang lain padanya. "Yang gimana-gimana ke saya, moal baper (tidak akan terbawa perasaan), dimaafkan. Itu poin-poin kepemimpinan yang datang dari ibu saya," tuturnya.

Terakhir, nasihat sang ibu adalah harus mencintai keluarga. Bahkan, ia kerap kali membagikan momen bersama keluarga di media sosial. "Makanya kalau saya posting-posting tentang anak-istri, itu karena nasihat ibu. Karenya kalau gubernurnya punya energi positif dalam keluarga, kitanya (warga) pun terinspirasi," ujar Emil.

Halaman:

Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

X