• Kamis, 6 Oktober 2022

Aun Gunawan, Aktor yang Bikin KPBS Jadi Koperasi Hebat

- Senin, 21 Oktober 2019 | 12:15 WIB

Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan yang berlokasi di Kabupaten Bandung kini jadi salah satu koperasi terbaik di Indonesia. Salah seorang aktor di balik kesuksesan itu adalah Aun Gunawan.

Ia menjadi anggota KPBS Pangalengan sejak 1987. Selain bekerja di sana, ia juga mengelola peternakan sapi dan menyetor susu ke KPBS. Bisa dibilang, ia merintis karirnya di koperasi itu dari nol.

"Saya di sini sejak lulus kuliah pada 1987. Tapi, kalau jadi pengurus baru dari tahun 2005. Dari 2005-2009 saya jadi wakil ketua. Kalau jadi ketua dari 2009 sampai sekarang," kata Aun kepada BeritaBaik.id.

Di tangan Aun, berbagai perubahan positif terjadi. KPBS Pangalengan berkembang pesat. Salah satunya berkat penerapan digitalisasi dalam berbagai kegiatan bisnis di sana.

Salah satunya adalah pola penyetoran susu sapi dari peternak tak lagi dilakukan pencatatan manual. Sekarang justru menggunakan aplikasi yang dioperasikan melalui gawai. Cara itu membuat transparansi lebih terjamin, akurasi pun terjaga.

KPBS juga memiliki server khusus sebagai pusat data dan kendali berbagai hal. Sehingga, meski koperasi ini berada di pedesaan, teknologi yang dipakai justru seolah berada di kota besar.

Aun juga membawa KPBS memiliki bisnis yang lebih luas. Sejak beberapa tahun lalu, selain mengolah susu pasteurisasi, KPBS juga membuat susu menjadi produk turunan seperti yogurt, keju, dan butter.

Di tangan Aun, perputaran uang dari bisnis KPBS menjadi sangat pesat. Saat ini, perputaran uang dalam setahun mencapai Rp 250 miliar. Bahkan, jumlah asetnya pun mencapai Rp 130 miliar. Untuk sekelas koperasi, perputaran uang dan nilai aset segitu jelas sangat luas biasa.

Gaya Kepemimpinan 'Ngaguluyur'
Yang menarik dari sosok Aun dalam memimpin koperasi adalah gaya kepemimpinannya. Ia memiliki prinsip gaya kepemimpinan 'ngaguluyur'. Dalam bahasa Sunda, ngaguluyur berarti mengalir.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

X