• Sabtu, 13 Agustus 2022

Brrr... Ternyata Ini Penyebab Bandung Raya Terasa Lebih Dingin

- Rabu, 17 Juli 2019 | 10:30 WIB





Warga di wilayah Bandung Raya tentu merasakan suhu udara yang lebih dingin beberapa hari belakangan. Hari ini saja, Rabu (17/7/2019) tercatat di suhu Bandung mencapai titik 13,2 derajat celsius loh. Brrrrr.. Apa ya penyebabnya?

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Bandung Tony Agus Wijaya menuturkan, penyebabnya udara dingin karena saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

"Cuaca cerah membuat sinar matahari yang menyinari permukaan bumi, sebagian besar terpantulkan ke angkasa, sehingga radiasi panas matahari yang tersimpan di permukaan bumi saat dini hari, sangat sedikit," ujar Tony saat dihubungi BeritaBaik.

Ditambah dengan angin yang bertiup dari tenggara dari arah Australia membawa udara yang kering dan dingin. "Di Benua Australia pada bulan Juli, Agustus, September sedang mengalami puncak musim dingin, sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan," katanya.

Baca Ini Juga Yuk: Bandung Pernah Lebih Dingin dari Ini 37 Tahun Lalu Loh!

Selama bulan Juli ini Stasiun Geofisika Bandung mencatat suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celsius pada tanggal 12 Juli 2019. Sedangkan di lokasi dengan elevasi yang semakin tinggi seperti di pos observasi geofisika Lembang (1241 meter) tercatat 13,0 derajat celsius pada tanggal 16 Juli 2019.

Sementara dini hari ini di BMKG Bandung tercatat suhu minimum mencapai 15,4 derajat celsius sementara di BMKG Lembang mencapai 13,2 derajat celsius. Itu berarti, suhu terdingin Bandung selama Juli memang terjadi pada dini hari tadi TemanBaik.

Suhu udara yang dingin seperti ini diprediksi akan terjadi hingga Agustus mendatang. Kondisi seperti ini dijelaskan Tony adalah hal yang wajar dan normal terjadi setiap kemarau tiba.


Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

X