Ini 'Bi Eha' dan 'Mang Udin', Mobil Nyentrik Disdukcapil Bandung

- Selasa, 18 Desember 2018 | 09:40 WIB

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung memiliki cara tersendiri untuk melayani pembuatan dokumen administrasi kependudukan (adminduk). Yang istimewa, Disdukcapil memiliki mobil nyentrik untuk melayani pembuatan dokumen adminduk.

Yang pertama, ada mobil Memberikan Pelayanan Keliling atau disingkat Mepeling. Total, ada delapan unit mobil Mepeling yang ditempatkan di berbagai titik setiap harinya.

Jadwal Mepeling berada bisa dilihat di akun media sosial Disdukcapil, yaitu disdukcapilbdg untuk Facebook serta @disdukcapilbdg untuk Twitter dan Instagram.

Layanan yang diberikan melalui mobil Mepeling adalah pembuatan akta kelahiran, akta kematian, dan perekaman e-KTP atau KTP elektronik.

Selain Mepeling, Disdukcapil Kota Bandung juga memiliki dua mobil lain untuk pelayanan pembuatan dokumen adminduk. Ada mobil Bi Eha (Bisa Euy Hebat) dan Mang Udin (Mangga Urus Identitasna).

Bi Eha dan Mang Udin dibuat secara khusus untuk melayani pembuatan dokumen adminduk yang sifatnya darurat. Mobil Bi Eha atau Mang Udin nantinya akan datang ke dekat rumah warga. Bahkan, petugas yang akan mendatangi warga, bukan mereka yang harus datang ke tempat Bi Eha atau Mang Udin terparkir.

"Misalnya ada yang sakit (harus membuat dokumen adminduk) untuk daftar BPJS, itu kita yang mendatangi warga," kata Kepala Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni.

Mobil Bi Eha dan Mang Udin bisa didatangkan warga, baik secara kolektif maupun personal. Tapi, secara khusus mobil ini hanya melayani pembuatan dokumen adminduk untuk orang yang sakit, lansia atau jompo, dan disabilitas.

Untuk mendatangkannya, warga bisa menghubungi via kelurahan atau kecamatan setempat. Sehingga, nantinya petugas kelurahan atau kecamatan yang akan memfasilitasi didatangkannya Bi Eha atau Mang Udin.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

X