• Kamis, 6 Oktober 2022

Kenalan dengan Bhin Bhin, Atung dan Kaka Maskot Asian Games 2018

- Selasa, 26 Juni 2018 | 14:10 WIB

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 Agustus mendatang. Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang ini menggunakan logo dan maskot baru yang terpilih melalui sayembara Badan Ekonomi Kreatif bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Logo Asian Games 2018 menggunakan siluet Stadion Utama Gelora Bung Karno, sementara maskotnya adalah trio karakter satwa khas Indonesia yaitu Burung Cenderawasih, Badak Bercula dan Rusa Bawean.

Tiga maskot dihadirkan untuk merepresentasikan energi pada Asian Games. Siapa saja sih mereka? Kenalan yuk!

1. Karakter Bhin Bhin merepresentasikan strategi yang terinpirasi dari burung asal Papua, Cenderawasih. Burung yang cantik ini memakan buah, biji-bijian dan serangga kecil. Karena kerusakan habitat dan pemburuan, jumlah cendrawasih di alam bebas menurun. Oleh sebab itu, cendrawasih termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia. Bhin Bhin tampil dengan rompi bermotif khas Asmat.

2. Karakter Atung terinspirasi dari Rusa Bawean yang hanya dapat ditemui di Pulau Bawean dan merepresentasikan kecepatan.  Rusa Bawean termasuk herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan, termasuk daun-daunan. Ia tampil dengan balutan kain bermotif tumpal khas Jakarta 

3. Karakter Kaka merepresentasikan kekuatan yang terinspirasi dari Badak Bercula Satu. Saat ini, badak bercula satu termasuk dalam hewan langka yang dilindungi dan mereka tinggal di daerah Ujung Kulon, Jawa Barat. Usia mereka diperkirakan bisa mencapai usia 45 tahun. Kaka tampil dengan penutup dada bermotif bunga khas Palembang.

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

X