Staf Pengajar ITS Jadi Finalis European Inventor Award 2022

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:33 WIB
Fahmi Mubarok Ph.D (kanan), masuk menjadi salah satu finalis di ajang European Inventor Award 2022. (Istimewa)
Fahmi Mubarok Ph.D (kanan), masuk menjadi salah satu finalis di ajang European Inventor Award 2022. (Istimewa)

Seorang ilmuwan dan penemu asal Indonesia Fahmi Mubarok Ph.D, masuk menjadi salah satu finalis di ajang European Inventor Award 2022. Informasi tersebut diumumkan Kantor Paten Eropa (European Patent Office/EPO).

Staf pengajar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu dinominasikan bersama ahli kimia dan insinyur material Spanyol Nuria Espallargas, untuk memenangkan European Inventor Award 2022.

Masuknya Fahmi Mubarok dan Nuria Espallargas dalam nominasi European Inventor Award 2022 itu berkat temuan mereka yang memungkinkan bahan keramik dipanaskan hingga suhu tinggi untuk disemprotkan ke komponen teknis atau industri.

Temuan pelapis keramik semprot yang inovatif ini dirancang untuk memperpanjang masa pakai komponen yang digunakan di berbagai industri.

Caranya dengan memberi perlindungan lebih baik pada komponen-komponen tersebut dari keausan dan paparan bahan kimia.

Industri mobil diharapkan menjadi yang pertama memanfaatkan penemuan baru ini dan diaplikasikan pada rem mobil, truk atau kereta api dan manufaktur kaca.

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Situs Agregator Informasi Publik, Indonesiakini.go.id

Proyek mendatang yang direncanakan oleh European Space Agency/Badan Antariksa Eropa, akan menguji seberapa baik lapisan tersebut menahan abrasi dari pasir di bulan dan Planet Mars.

"Temuan jenius karya Fahmi Mubarok dan Nuria Espallargas berhasil memecahkan masalah yang diyakini mustahil oleh para ahli di bidangnya," kata Presiden EPO António Campinos, saat mengumumkan finalis European Inventor Award 2022.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Menghapus Jejak di Dunia Digital

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:12 WIB
X