• Sabtu, 26 November 2022

Panggung Visual Mariam Sofriana dalam Pameran 'non/place'

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:00 WIB





Seniman Mariam Sofriana menggelar pameran tunggal bertajuk 'non/place' di Bale Tonggoh, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS), Bandung. Pameran ini seolah menampilkan nuansa panggung pertunjukan megah dengan media lukis sebagai objek apresiasinya.

Dipersiapkan hampir tiga tahun, pameran ini menampilkan delapan keping lukisan cat minyak berformat panoramik yang disatukan bentang cakrawala tunggal sepanjang 14 meter.

Tidak hanya menegaskan kesetiaan Mariam pada fotorealisme yang ditekuninya 10 tahun terakhir, pameran ini juga mewakili eksplorasi mutakhirnya atas lanskap sebagai pokok soal yang masih menantang para seniman kontemporer.

Lukisan-lukisan awalnya dihasilkan dari proses observasi mendalam atas lokasi sekaligus tempat yang spesifik. Memakai teknik fotorealisme yang dikuasainya, ia melukiskan berbagai identitas tempat, mulai dari persimpangan, jalanan di gang, fasad bangunan, hamparan bukit dan pegunungan, dan lainnya secara persis, rinci dan subtil.

-

Secara umum, karya-karya Mariam menyiratkan upaya menghadirkan kembali penghayatan atas sebuah momen tertentu yang menggugah kesadaran.

"Saya secara personal memang banyak terinspirasi dari bentang alam Bandung. Dulu lukisan saya banyaknya urban dan sekarang saya tertarik ngelukis wilayah 'pinggiran' yang terkesan indah dan menyenangkan. Tapi kan di balik keindahan itu, tempat-tempat itu punya sejarah kelam di era kolonial," ujarnya kepada Beritabaik.id.

Bicara sejarah kelam yang dimaksud, Mariam menumpahkannya pada beberapa objek, seperti gedung tua peninggalan era kolonial Belanda, perkebunan teh, hutan, atau rumah lawas.

Ia mengeksplorasi komposisi lukisannya dengan melepaskan objek dari gambar utuh dan memadukannya dengan objek lain. Misalnya saat ia menuangkan gedung Kimia Farma di Jalan Asia Afrika, Bandung, tanpa membawa suasana jalannya secara utuh.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB

Berseni Kembali Bersama 'Musim Seni Salihara 2022'

Senin, 1 Agustus 2022 | 09:15 WIB
X