Ajak Anak Mengenal Sejarah di 'Akhir Pekan di Museum Nasional'

Jakarta - Tahun ini, Museum Nasional Indonesia atau yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah, Jakarta, kembali melakukan kolaborasi dengan Dapoerdongeng dan Teater Koma untuk menggelar program 'Akhir Pekan di Museum Nasional'. Program ini akan diadakan dari bulan April-September 2019.

"Tema-tema dari lakon 'Akhir Pekan di Museum Nasional' bertujuan untuk mendukung pendidikan dalam menghargai multikultural dan menambah wawasan tentang profesi yang ada," ujar Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto, dalam siaran pers yang BeritaBaik terima.

Setelah tahun lalu program ini mengangkat hikayat para Sultan dan Pangeran Nusantara, tahun ini tema yang diusung adalah peran para pande, empu, serta seniman dalam membentuk sejarah dan kebudayaan Nusantara. Program 'Akhir Pekan di Museum Nasional' tidak hanya diisi dengan pentas dongeng oleh Teater Koma, jelajah museum dengan menggunakan Peta Jelajah, namun juga terdapat lokakarya disetiap pentasnya. Lokakarya tersebut, diadakan sesuai dengan tema yang sedang diangkat.

Pada pembukaan program ini, lakon yang dimainkan adalah Gugah Rasa Berkah Semesta, yang mengajak kita mengarungi profesi juru masak, pekerjaan yang sudah diabadikan dalam prasasti kuno abad ke-10 Masehi. Lakon ini menceritakan kisah seorang Ibu pensiunan juru masak di pawon (dapur keraton).

Baca Ini Juga Yuk: Intip Kamar Pangeran Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta Yuk!

Suatu hari, anaknya yang bekerja di Jakarta dan menganut gaya hidup modern, pulang ke rumahnya yang kuno di Baluwarti, Kasunanan Surakarta. Ibunya pun kemudian mengajak putranya menjelajah waktu, kembali ke pesta tari dan makanan yang digambarkan dalam Prasasti Rukam.

Setelah pentas dongeng yang dilakukan oleh Teater Koma selesai, TemanBaik akan diajak menjelajahi prasasti-prasasti dari pentas dongeng tersebut. Penjelajah akan didampingi oleh Pemandu Museum dan Peta Museum yang berisi kuis dan teka-teki yang bisa ditemukan jawabannya saat menjelajah.

Kemudian, dilanjutkan dengan sesi lokakarya membuat pincuk dari daun pisang, yang bisa dinikmati oleh Para Sobat Jelajah alias pengunjung. Lokakarya tersebut dipandu oleh Ibu Kus, juru masak sesaji Keraton Surakarta.

Menurut survei yang dilakukan oleh Dapoerdongeng, pengunjung 'Akhir Pekan di Museum Nasional' dari tahun 2013-2018 mencapai 1,6 juta lebih penonton dari seluruh Indonesia. 23.556 pengunjung mengikuti pentas dongeng, panduan museum, dan lokakarya untuk anak-anak di Museum Nasional Indonesia. 1.640.000 lainnya menyimak foto, video, dan komentar di media sosial.

Tujuh tahun berjalan, program storytelling di hari Minggu ini, telah menjadi salah satu program unggulan yang berhasil mendogkrak kunjungan ke Museum Nasional hingga 20 persen, khususnya dari segmen keluarga muda, anak-anak, dan dewasa muda. Setiap tahun program 'Akhir Pekan di Museum Nasional' mengajak anak-anak dan keluarganya untuk menjelajahi tema-tema tertentu.


Foto: Dok. Dapoerdongeng

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler