Asyik! Kota Tua di Surabaya Akan Dipercantik

Surabaya - Kawasan Kota Tua di Kota Surabaya akan dibuat menjadi lebih menarik. Tujuan besarnya untuk menarik minat wisatawan lokal dan asing berdatangan ke lokasi.

Di kawasan Kota Tua yang meliputi Jalan Kembang Jepung dan Jalan Karet, akan ada 140 gedung tua dan cagar budaya yang dipercantik dengan cara dicat ulang. Gedung-gedung itu merupakan 'warisan' pemerintah kolonial Hindia-Belanda.

Setelah dicat ulang, gedung-gedung itu diharapkan jadi lebih menarik dan ikonik. Sehingga, keberadaan gedung itu akan jadi magnet untuk membuat wisatawan berbondong-bondong mengunjungi kawasan Kota Tua.

Baca Ini Juga Yuk: Tempat Bersejarah di Surabaya yang Bikin Ingat Jasa Pahlawan

Untuk rencana pengecatan, Pemkot Surabaya tidak akan sembarangan. Akan dilibatkan tim ahli untuk membahas warna cat apa yang cocok untuk masing-masing gedung.

Selain itu, akan ada beberapa perbaikan lainnya, mulai dari saluran air hingga perbaikan pedestrian. Sehingga, area Kota Tua akan lebih baik dalam berbagai aspek.

Sementara selain dipercantik secara tampilan, kawasan Kota Tua juga akan dijadikan lokasi beragam kegiatan. Sehingga, akan ada beragam kemeriahan, terutama yang melibatkan warga sekitar.

"Nantinya setelah direvitalisasi, warga bisa mengadakan acara di lokasi ini," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi di laman resmi Pemkot Surabaya.

Sebagai contoh, saat perayaan Imlek, di lokasi bisa digelar festival barongsai. Warga pun bisa berjualan makanan dan oleh-oleh di sana.

"Jadi dengan begitu bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung," jelas Eri.


Foto ilustrasi Instagram @exploresurabaya


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler