Berlibur ke Yogyakarta? Kunjungi 5 Gua Eksotis Ini

Bandung - Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik seperti gunung, pantai, candi, hingga gua.

Kalau kamu berencana akan mendatangi kawasan Gunung Kidul, selain terdapat puluhan pantai dengan pemandangan bagus, di sana juga terdapat ratusan gua yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini 5 gua yang bisa kamu kunjungi:

Gua Pindul
Sepertinya banyak yang sudah mengetahui Gua Pindul. Gua yang berlokasi di Desa Bejiharjo ini sudah bisa kamu kunjungi pada pukul 07.00 WIB setiap harinya. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 40 ribu kamu bisa merasakan pengalaman menyusuri gua sungai bawah tanah dengan panjang 350 meter.

Gua Tanding
Tak jauh dari Gua Pindul, kamu bisa juga mendatangi Gua Tanding yang hanya berjarak 300 meter saja. Gua Tanding memiliki panjang 450 meter. Saat menyusuri gua yang satu ini kamu akan menggunakan perahu karet berkapasitas enam orang ditemani dengan dua orang pemandu.  

Untuk menikmati pemandangan Gua Tanding, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 150ribu. Setelah itu kamu akan diantar untuk menyusuri gua yang terdiri dari tiga zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap dengan durasi satu jam.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Tempat Wisata Baru yang Unik dan Istimewa di Jogja

Gua Jomblang
Gua Jomblang berada di kawasan Jetis Wetan, Semanu. Untuk mencapai gua ini ada empat jalur yang bisa kamu pilih untuk memasuki gua ini, mulai dari jalur yang paling mudah hingga jalur yang paling susah. Kamu juga bisa mengabadikan momen di area dalam gua yang menjadi spot wajib untuk berfoto.

Gua Maria Tritis
Gua Maria Tritis kerap dijadikan sebagai destinasi wisata religi oleh umat Katolik untuk berziarah. Walau begitu, bagi umat beragama lain juga tetap bisa mengunjungi gua ini kok. Untuk memasuki gua yang terletak di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan ini kamu bisa melewati jalur biasa dengan berjalan kurang lebih 20 menit untuk sampai di mulut goa.

Gua Cokro
Gua Cokro merupakan gua vertikal yang memiliki kedalaman 20 meter. Gua yang terletak di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo sayangnya lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dibandingkan dengan wisatawan lokal, sebab lebih banyak turis asing yang mengunjungi gua ini.

Di dalam gua, ada bagian berbentuk bilik yang disebut sebagai 'Kamar Pengantin'. Konon lokasi ini menjadi tempat penyimpanan beragam benda dan senjata pusaka tak kasat mata.



Foto: goacokro.wordpress.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler