Situs Gunung Padang Akan Dipoles Lebih Cantik

Bandung - Pemprov Jabar berencana memoles Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur. Situs megalitikum itu akan dibuat lebih cantik, memiliki akses baik, hingga ditata lebih rapi. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan penataan Situs Gunung Padang adalah bagian dari perwujudan visi agar Jabar menjadi provinsi pariwisata.

"Sedang diagendakan (penataan Situs Gunung Padang) di 2019. Mudah-mudahan di akhir 2019 nanti kita lihat ke sana lebih bermartabat, lebih profesional," kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).

Ia memaparkan pengalamannya mengunjungi Situs Gunung Padang. Akses menuju ke sana cukup jauh. Bahkan untuk mencapai ke area situs harus berjalan melelahkan melewati anak tangga.

Tapi, setelah melakukan perjalanan melelahkan, Emil mengaku apa yang dilihat tidak sesuai ekspektasi. Sebab, di puncak ternyata ada penjual mi rebus.

"Antara berharap klimaks (melihat keindahan Situs Gunung), pengharapan, malah jadi ifleel kalau bahasa gaul mah," ucapnya.

Ia mengakui pada prinsipnya di mana ada titik keramaian, dipastikan akan ada pedagang. Tapi, hal itu seharusnya tidak terjadi di Situs Gunung Padang.

"Kalau dibiarkan berlarut-larut, situs megalitikum ini akan tercemari perilaku komersial dan wisatawan yang tidak semestinya," tutur Emil.

Sementara selain Situs Gunung Padang, Pemprov Jabar juga akan melakukan penataan terhadap beberapa lokasi wisata. Tempat-tempat itu adalah Gedung Sate, Kalimalang, Waduk Darma, Situ Ciburuy, dan Situ Bagendit.

Foto: wikipedia
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler