Cerita Agus dan Iwan yang Donorkan Darah Lebih dari 100 Kali

Bandung - TemanBaik ada yang rutin mendonorkan darahnya? Kalau ada yang rutin, sudah pernah melakukannya sampai 100 kali donor belum? Ada nih pendonor darah yang sudah lebih dari 100 kali melakukannya, yaitu Agus Hadi Karta Koswara (60) dan Iwan Nurirawan (48).

Agus sendiri mulai mendonorkan darah sejak tahun 1977 saat ada kegiatan donor darah di kawasan Menteng, Jakarta. Setelah itu, ia mengaku ketagihan untuk mendonorkan darah. Hal itu pun berlangsung rutin sampai sekarang.

Ia pun tercatat sudah 111 kali mendonorkan darah. Tebak apa yang dirasakannya setelah sering mendonor? Beliau jarang sakit loh, TemanBaik. Bahkan, di usia 60 tahun, ia masih bisa bersepeda jarak jauh.

"Meski usia saya 59 tahun, sudah hampir 60 tahun, saya masih bisa bersepeda onthel Bandung-Cianjur, Bandung-Pangandaran, Bandung-Banten," kata Agus di Balai Kota Bandung, Kamis (9/5/2019).

Selain berstamina prima, ia juga merasa selalu sehat. Ia tidak pernah mengalami sakit parah, apalagi sampai butuh donor darah dari orang lain. Apa sih yang membuatnya puas menjadi pendonor darah?

"Saya ingin berbagai untuk sesama. Mungkin saya enggak bisa berbagi tenaga, kemampuan, finansial, tapi saya bisa berbagi dari sisi kemanusiaan," tutur Agus yang sudah pensiun sebagai PNS sejak dua tahun lalu.

Sedangkan Iwan mengaku sangat berkesan bisa bertemu Presiden Joko Widodo pada Januari lalu untuk diberi penghargaan. Ia saat itu diberi penghargaan karena sudah lebih dari 100 kali mendonorkan darah.

"Tapi dari awal saya enggak pernah punya tujuan ke situ. Itu mah saya anggap bonus aja karena niat saya cuma ingin donor untuk kemanusiaan," jelas Iwan.

Pegawai swasta itu pertama kali mendonorkan darah saat lulus SMA pada 1991. Ia mengaku sangat penasaran ingin menjadi pendonor. Sebab, orangtuanya adalah pendonor darah yang rutin.

Tidak ada dampak negatif yang dialami Iwan meski rutin mendonorkan darahnya. Karena itu, ia terus mendonorkan darah hingga sudah mencapai 110 kali sampai saat ini.

"Soal kesehatan, alhamdulillah saya pribadi sampai hari ini belum pernah ada keluhan apapun. Alhamdulillah bisa terus mengeluarkan setetes darah untuk sesama," pungkas Iwan.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler