Punya Kelainan Tulang tak Halangi Semangat Rafi Belajar Gitar

Bandung - Sekolah Tinggi Musik Bandung (STIMB) hari ini menggelar wisuda untuk puluhan mahasiswanya di Gedung New Majestic, Kota Bandung. Di antara puluhan wisudawan, ada satu sosok yang jadi pembeda.

Sosok itu adalah Muhammad Rafi Hermansyah. Pria 21 tahun itu jadi salah seorang wisudawan. Ia lulus setelah menempuh jenjang pendidikan D3 Gitar Elektrik.

Rafi merupakan pengidap spina bifida sejak lahir yang merupakan penyakit kelainan pada tulang belakang. Sehingga, ke mana-mana ia harus menggunakan kursi roda. Tapi, belakangan ia lebih sering menggunakan skuter matic untuk menopang aktivitasnya.

Skuter matic itu pun digunakan Rafi saat menghadiri kegiatan wisuda. Setelah wisuda selesai dan ditutup penampilan band, Rafi turut serta meluapkan kebahagiaan di tengah-tengah wisudawan yang berjoget di depan panggung.

Anak bungsu dari dua bersaudara itu mengungkap pentingnya pendidikan. Keterbatasan fisik bukan jadi halangan bagi disabilitas untuk menempuh pendidikan tinggi. Apalagi, hal itu akan jadi bekal untuk masa depan.

"Dunia pendidikan penting banget untuk membuka pikiran dan wawasan yang jauh lebih luas," ujar Rafi.

Sebagai gambaran, Rafi yang dulu tidak ahli jadi jago bermain musik, khususnya gitar elektrik. Ia bahkan akan melanjutkan pendidikannya di tempat yang sama ke jenjang S1 Gitar Elektrik.

Ia ingin bekal pengetahuannya bertambah. Sehingga, suatu saat ia akan mantap terjun ke dunia industri musik Tanah Air.

"Cita-cita besar saya ingin bermusik," ungkap Rafi.

Pria yang mengidolakan gitaris beken dunia Joe Satriani itu pun memberi pesan bagi para anak muda, terutama dari kalangan disabilitas. Semangat menimba ilmu jangan dihalangi oleh keterbatasan.

"Jangan minder, pede aja, enggak usah mikirin 'kekurangan saya ini'," tuturnya.

Meski ada berbagai kendala, hal itu sebenarnya bisa diatasi dengan semangat tinggi dan usaha keras. Kini, Rafi bahkan sudah beberapa kali tampil dalam suatu acara berkat kerja keras dan ketekunannya menimba ilmu.

"Saya pernah main di Cirebon, pernah tampil juga di Ciwalk sama Braga (Kota Bandung)," ucapnya.

Rafi sendiri mengaku sudah menciptakan beberapa karya. Tapi, sejauh ini ia belum memamerkannya. Meski begitu, ia sudah mengunggah keahliannya bermain gitar dengan meng-cover karya musisi lain.

Nah, TemanBaik jika penasaran dengan kemampuan Rafi bermain gitar, kamu bisa mengintip channel Youtube Rafi yaitu rafi hermansyah. Di sana, kamu bisa menyaksikan bagaimana lincahnya jari Rafi 'menari' di atas gitar.

Penasaran enggak? Lihat dulu deh kemampuan Rafi. Kamu pasti akan kagum dengan kemampuannya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler