Unik! Ika Puji Astuti Olah Cabai Jadi Sirop hingga Abon Sedap

Surabaya - Apa yang ada di benak Teman Baik kala membayangkan cabai? Pasti rasa pedas yang membakar lidah. Namun hal ini berbeda dengan berbagai olahan cabai yang diracik Ika Puji Astuti, salah satu penggiat UKM di Surabaya. Cabai yang pedas dapat menjadi olahan yang gurih, seperti abon hingga yang manis seperti sirop dan manisan.

Rasanya? Jangan di tanya! Karena berbagai produk olahannya ini juga telah diekspor hingga Malaysia dan Australia.

Awal kesuksesannya berawal dari pemberian bibit cabai dari komunitas wartawan, tak ingin bibit itu hanya berakhir pada pekarangan warga, ia pun menerapkan sistem trial dan eror dalam mengombinasikan resep dengan olahan cabai. Berkat ketekunannya, ia berhasil membawa kampungnya yang berada di kawasan Margorejo mendapatkan predikat juara.

Ia pun membantu meningkatkan aktivitas ekonomi ibu-ibu di sekitar rumahnya dalam mengerjakan olahan produk cabai. Meskipun inovatif, namun cibiran juga kerapkali ia peroleh. "Kadang pembeli kan ngerasa aneh ya dengan cabai yang bisa hilang rasa pedesnya, akhirnya ragu untuk membeli," ceritanya.

Namun Ika tak ingin berputus asa, ia pun menerapkan strategi pemasaran getuk tular (mulut ke mulut) untuk memasarkan produknya melalui kerabat dan teman-teman. Ia merasa strategi ini lebih sesuai dengannya, dibanding harus menggunakan media sosial.

Bagi TemanBaik yang tertarik untuk mencoba olahan cabai ini, dapat mengunjungi daerah Margorejo Gang 3G blok 30 di Kota Surabaya. Harga yang ditawarkan pun ramah di kantong, mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 150 ribu untuk paket olahan produk cabai.

Tak hanya unik, produk olahan Ika Puji Astuti ini pun memiliki khasiat utuk menghangatkan badan, meredakan flu dan sariawan. Selain itu, proses produksinya juga higienis dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler