Icip Yu Sheng Olahan Imlek yang Memuat Doa Baik

Bandung - Menyambut hari raya Imlek pada 5 Februari mendatang, banyak pernak pernik unik yang lazimnya dipersiapkan TemanBaik dari etnis Tiongkok. Selain kumpul keluarga, kuliner khas Chuxi atau malam pergantian tahun China harus mengandung doa-doa baik loh. 

Ritual mengaduk olaham yu sheng juga dipercayai sangat bertuah. Olahan ini bergenre appetizer atau salad yang berisi ikan dan aneka sayuran yang berwarna memikat. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, yu sheng bermuatan mantra atau doa terbaik saat menyongsong tahun baru.

"Saat memulai bersantap, yu sheng diaduk sambil mengucapkan gong xi facai, wanshi ruyi, nian man youyu. Maknanya, semoga selalu sehat, semoga keinginan selalu tercapai, semoga rejeki selalu berlimpah tahun ini. Siapa yang paling tinggi mengaduk dan mengangkat, konon rejekinya paling melimpah," ujar Executive Sous Chef Fox Harris Hotel City Center Bandung kepada BeritaBaik.

Selain cara mengaduk yang memuat doa terbaik, warna sayuran khas yu sheng juga harus atraktif. Salah satunya keberadaan irisan wortel yang berwarna orange, dipadukan dengan labu hijau, timun hingga keberadaan aneka macam mie.

"Mie dalam mitologi China menjadi makanan penuh berkah. Saat dibuat juga harus panjang dan enggak boleh di putus. Ini maknanya biar rejekinya juga enggak putus di tahun ini," tambahnya.

Tak ketinggan nih, irisan ikan salmon yang warnanya merah menggoda. Orang Tionghoa juga  menganggap ikan ini sebagai ikan mahal. Jadi salmon pada yu sheng melambangkan kemakmuran bagi yang menyantapnya. Yu sheng ini biasa dihadirkan dengan sayuran berwarna merah, kuning, hijau yang tujuannya agar hidup kita lebih berwarna.

Nah buat TemanBaik yang pengin merayakan Imlek di Fox Harris Hotel di Jalan Jawa No 3, yuk sambangi Festive Chinese New Year ini dengan konsep bersantap Cia Ciu. Di tempat ini kita bersantap mulai dari pembuka, menu utama, penutup hingga sajian stall khas oriental.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler