Empuk dan Harumnya Ikan Asap Khas Pantura ala Gombal Asap

Bandung - TemanBaik yang lahir di Indonesia, wajib makan ikan loh. Selain proteinnya sehat, di perairan kita juga kaya dengan ragam ikan yang lezat untuk disantap.


Nah berawal dari niat mengkampanyekan makan ikan laut, Cicilia Dewi Sartika mengenalkan Gombal Asap kepada penikmat kuliner Bandung. Gombal yang kependekan dari sego (nasi) dan sambal, menjadi pelengkap ciamik dari racikan ikan laut asap yang diambil langsung dari nelayan tradisional di kawasan Pantai Utara Laut Jawa (Pantura).

"Niatnya aku pengin mengenalkan hidangan ikan laut yang diasap khas dari pesisir pantai Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beda dari ikan asap umumnya, Gombal Asap masih mempertahankan tektur lembab dari ikannya agar rasa empuk dan kenyalnya masih terasa," ujar Cicilia kepada BeritaBaik.


Buat TemanBaik yang gandrung makan jkan,  Gombal Asap yang berlokasi Jalaprang nomor 4 Bandung ini punya banyak varian menu unik loh. Sebut saja iwak pe yang diambil dari ikan pari yang diberi kuah santan dan potongan tempe. Ada juga ikan asap barakuda, tingkol, cakalang, marmoyo, putihan atau kuwe, tenggiri dan masih banyak lagi sesuai musimnya. Seru kan?

"Kalau lazimnya di Jatim sih ikan asap lebih ke ikan pari atau kuwe. Biar lebih variatif aku sediakan jenis lain seperti tenggiri, bawal, barakuda hingga tongkol. Biar lebih fresh, biasanya proses pengasapan langsung dilakukan di pantai tempat kita membeli ikan. Apalagi pati, itu wajib banget diolah dlsma kondisi segar," bebernya.

Menikmati ikan asap enggak lengkap juga tanpa kehadiran sambal terasi. Di Gombal Asap, ads pilihan sambal lain yang enggak kalah nendang loh misalnya sambal belimbing, sambal matah dan sambal mangga. 

TemanBaik yang kepincut makan ikan, sambangi saja lokasinya ya. Untuk satu paketnya, menu serba ikan ini dipatok antara Rp25 ribu sampai 50 ribu saja. Murah kan?
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler