Sudah Tahu 7 Rempah-rempah Andalan Ekspor Indonesia?

Bandung - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah terbaik di dunia. Berdasarkan data Foor and Agriculture Organization (FAO) pada 2016, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai penghasil rempah di dunia dengan total produksi 113.649 ton serta total nilai ekspornya mencapai 652,3 juta Dollar Amerika.

Di dunia, berdasarkan data Negeri Rempah Foundation, tercatat ada 400-500 spesies rempah. Dari jumlah itu, 275 di antaranya berada di Asia Tenggara yang didominasi oleh Indonesia. Sehingga Indonesia memiliki julukan Mother of Spices.

Di Indonesia, rempah-rempah terbaik dihasilkan di sejumlah kawasan seperti Jambi, Pulau Jawa, Kalimantan Tengah dan Timur, Maluku, NTT, hingga Papua. Dari berbagai rempah-rempah yang ada, ternyata ada tujuh yang menjadi unggulan untuk diekspor. Apa saja?

1. Lada
Tanama dengan nama latin Piper Nigrum Linn ini diperkirakan berasal dari India. Tapi, tanaman ini banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Aceh, Jambi, Kalimantan, Lampung, Sumatera, hingga DI Yogyakarta. Pada 2016, lada jadi komoditas rempah utama Indonesia untuk ekspor dengan nilai mencapai Rp1,9 triliun.

2. Cengkeh
Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia, yaitu dari Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku. Tapi, cengkeh kemudian tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, saat zaman kolonial Hindia-Belanda, cengkeh sudah jadi hasil bumi yang diekploitasi mereka. Pada 2016, nilai ekspor cengkeh mencapai nilai 11,3 juta Dollar Amerika.

3. Kayu Manis
Rempah ini memiliki aroma yang harum. Biasanya, kayu manis digunakan untuk pelengkap bahan pembuat kue atau minuman. Nilai ekspornya pada 2016 mencapai 44,8 juta Dollar Amerika.

4. Pala
Tanaman khas Banda dan Maluku ini banyak tersebar di daerah timur Indonesia. Selain sebagai rempah-rempah, pala sering digunakan untuk menghasilkan minyak atsiri. Pada 2016, nilai ekspornya mencapai 44,1 juta Dollar Amerika.

5. Vanili
Tanaman ini sebenarnya berasal dari Meksiko. Tapi, di Indonesia sudah banyak dibudidayakan, terutama di wilayah barat dan tengah Indonesia. Pada 2016, nilai ekspor vanili mencapai 30,2 juta Dollar Amerika.

6. Jahe
Tanaman ini pada 2016 lalu mencapai 2,6 juta Dollar Amerika untuk nilai ekspornya. Jahe sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari bahan makanan, obat, hingga permen.

7. Kunyit
Tanaman ini tumbuh cukup banyak di berbagai wilayah di Asia Tenggara. Tapi, Indonesia jadi salah satu negara penghasil kunyit terbaik. Nilai ekspornya pada 2016 mencapai 3,5 juta Dollar Amerika.

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler