Cerita Relawan Gerpik Bantu Penyelamatan di Semeru

Lumajang - Erupsi yang dialami Gunung Semeru (4/12) lalu boleh jadi duka mendalam bagi kita semua. Di balik duka dan ribuan doa yang dipanjatkan, ada kisah dari relawan Gerakan Peduli Kemanusiaan (Gerpik) asal Surabaya yang terjun langsung melakukan penyelamatan di Semeru.

Kepada Beritabaik.id, Andhie Jatayu selaku founder sekaligus relawan di Gerpik menceritakan timnya langsung meluncur ke Posko Induk Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang begitu mendengar kabar erupsi Semeru. Ada enam relawan yang dibagi menjadi dua tim. Tim pertama fokus kepada pencarian korban dan evakuasi, sedangkan tim kedua fokus mendistribusikan logistik ke masyarakat.

"Sekarang sih kondisi relatif terkendali. Warga terdampak juga sudah diungsikan ke desa-desa sekitar yang aman dari erupsi. Bantuan logistik juga sudah berdatangan," terang Andhie soal kondisi terkini di Posko Induk Sumberwuluh, Lumajang, Senin (6/12/2021).

Ada tantangan besar yang mereka hadapi sebelum bisa mengabarkan kondisi yang terkendali itu. Di awal proses evakuasi, mereka sempat terkendala cuaca yang saat itu mendadak hujan. Akibat dari hujan tersebut tak main-main, lahar panas yang berada di ketinggian terbawa turun oleh hujan sehingga tim perlu segera meninggalkan area pencarian.

Di tengah kondisi yang berangsur membaik, Relawan Gerpik menyebut masyarakat terdampak erupsi Semeru sangat memerlukan bantuan penyembuhan trauma alias trauma healing. Adapun kebutuhan sehari-hari termasuk makan dan obat-obatan pada saat ini mulai berdatangan dari para donatur, sehingg tak lagi menjadi kekhawatiran utama para relawan.

Erupsi Semeru bulan Desember 2021 adalah kali keempat Gerpik terjun langsung melakukan evakuasi bencana di Indonesia. Sejak berdiri pada 2017, mereka telah 4 kali merespons bencana erupsi gunung. Sebelumnya, dua kali mereka melakukan proses penyelamatan di Gunung Bali, lalu satu kali di Gunung Merapi.

Dari setiap titik bencana erupsi yang mereka respons, hal sederhana namun cukup membuat hati tersayat adalah saat melihat masyarakat memerlukan kebutuhan pokok harian dan obat-obatan di posko. Beruntungnya, teknologi dan komunikasi sudah berkembang pesat sehingga kendala seperti logistik boleh jadi bisa teratasi dan tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk bisa diselesaikan.

Pada sesi evakuasi erupsi Gunung Semeru, Gerpik juga membuka donasi bagi kamu yang mau menolong sesama. Namun pada tiap evakuasi, Gerpik hanya membuka donasi dalam bentuk uang. Ya, mereka tidak membuka donasi barang seperti biasanya.

"Kalau donasi barang kami kesulitan armada untuk mendistribusikannya. Kalau donasi uang bisa langsung kami belanjakan untuk kebutuhan masyarakat," terang Andhie.

Mereka juga belum bisa memastikan kapan proses evakuasi erupsi Gunung Semeru bakal selesai dilakukan. Saat ini para relawan sedang menunggu suasana di Semeru semakin kondusif dan berdoa yang terbaik untuk keselamatan semua makhluk yang ada di sana.

Sebagai catatan nih TemanBaik, kamu bisa berdonasi untuk membantu teman-teman Gerpik di lokasi bencana. Kamu bisa hubungi mereka di Instagram @gerpik.tbs atau kontak 0817-9358-560 untuk langsung berdonasi. Nanti, pihak tersebut akan memberitahu ke mana donasimu mesti disalurkan. Yuk bantu sesama!


Foto: Dokumentasi Gerakan Peduli Kemanusiaan




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler