Jelajah Polandia Lewat Buku Karya Piotr Śmieszek & Arun Śmiesze

Bandung - TemanBaik, ada buku kece yang baru diluncurkan penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU). Bertajuk 'Negara Polandia untuk Pemula', ini merupakan buku pertama tentang Polandia yang terbit dalam Bahasa Indonesia.

'Negara Polandia untuk Pemula' adalah gubahan pasangan suami-istri Piotr Śmieszek dan Arun Śmieszek. Buku ini terbit dengan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Polandia di Indonesia. Sebagai informasi, duet Piotr dan Arun saat ini berdomisili di Yogyakarta.

Melalui buku ini, keduanya merangkai berbagai aspek utama yang perlu diketahui tentang Polandia. Mulai dari sejarah, tokoh terkenal, seni, pendidikan, wisata, kuliner, hingga keterkaitan antara Polandia dan Indonesia.

Nama-nama dan istilah yang familiar bagi orang Indonesia seperti ilmuwan peraih Nobel Maria Skłodowska Curie, Paus Jan Paweł II, pesepakbola Robert Lewandowskid dan Egy Maulana Vikri, sejarah kelam kamp konsentrasi Auschwitz, Polonia di Medan, hingga bahasa Esperanto, turut diulas.

Selain itu, buku ini dilengkapi berbagai pengetahuan seputar Polandia yang selama ini masih jarang diketahui, seperti Galaretka Mięsna (jeli daging Polandia), Bolek i Lolek (kartun Polandia terpopuler sepanjang masa), hingga Wrocław (bintang baru di peta Polandia).

Baca Ini Juga Yuk: 'Bali Coffee: Origin's New Wave' Sajikan Cerita Menarik Kopi Bali



Arun Śmieszek dalam keterangan resminya menjelaskan, buku ini bukan tentang perbedaan atau kesamaan kedua negara, bukan pula tentang orang-orang di kedua negara. Buku ini tak bersifat akademis, bukan pula buku yang menceritakan kehidupan sehari-hari di kedua negara, maupun tentang sejarah atau politik.

"Buku ini akan menuntun Anda untuk menemukan dimensi baru dalam bidang budaya dan wisata,” ujarnya.

Penulisan buku ini dirancang menggunakan uraian ringkas, mendalam, dan tidak bertele-tele. Misalnya, bab tentang kuliner yang disajikan secara ringkas dan cukup buat kamu pahami. Pada bab lainnya, beberapa aspek seperti sejarah dan tokoh dunia dijelaskan dengan ringkas dan padat.

Penjahitan cerita ini pada satu sisi mungkin membuat kamu sebagai pembaca merasa tidak cukup. Akan tetapi, efek itulah yang justru mereka inginkan agar pembaca tertantang mempelajarinya lebih jauh.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Metta Murdaya Hidup Sehat Lewat Buku 'Jamu Lifestyle'

Sebagai informasi, peluncuran buku ini disiarkan daring melalui kanal YouTube Gramedia Pustaka Indonesia. Dalam acara peluncurannya, hadir Yolanda Victoria, mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S-3 di Poznan University of Life Science, Polandia.

Acara ini dipandu Glory Oyong sebagai moderator. Dalam diskusi tersebut, para peserta begitu antusias dan bertanya banyak hal seputar kehidupan di Polandia kepada para narasumber untuk memperkaya wawasan mereka tentang negara ini.

TemanBaik, jika kamu tak sempat mengikuti diskusi pada peluncuran buku 'Negara Polandia untuk Pemula', kamu bisa menonton kembali acaranya melalui kanal YouTube Gramedia Pustaka Utama. Oh ya, bukunya juga sekarang sudah bisa kamu dapatkan di toko buku kesayanganmu. Selamat menjelajah ke Polandia!


Foto: Dokumentasi Gramedia Pustaka Utama


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler