'Hantarkan Semangat', Jalan-jalan Sambil Berbagi ala Ngemealyuk

Jakarta - #AksiBaik kali ini datang dari Ngemealyuk. Resto yang beroperasi di wilayah Bintaro, Jakarta, ini punya program 'Hantarkan Semangat'. Program keren ini memadukan jalan-jalan dan berbagi yang seru banget!

Kami berbincang dengan salah seorang pemilik Ngemealyuk, Nova Adriyanti. Ia bercerita, #AksiBaik ini sudah berjalan sejak awal pandemi pada 2020 silam. Awalnya, mereka membagikan produk camilan dan makanan yang mereka jual di resto kepada sesama warga yang membutuhkan.

Sembari berjalan, aksi bagi-bagi makanan ini juga disisipi nilai lebih lainnya. Ya, mereka menulis kata-kata semangat pada kotak makanan yang dibagikan buat penerima manfaat. Nova berharap kata-kata semangat ini setidaknya dapat menjadi pelipur lara bagi penerima manfaat yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kita mau berbagi rezeki mereka buat bantu mereka makan. Nah, dari situ banyak teman yang kasih respons dan ikutan," ujar Nova.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Ribuan Gelas dari Bagi Kopi Kala Pandemi

Seporsi makanan yang dibagikan sesuai varian menu di kedai Ngemealyuk. Mereka membagikan secara acak menu tersebut pada sesama masyarakat. Hampir tidak ada kriteria khusus buat penerima manfaat program ini. Hanya saja, pihak yang diutamakan menjadi penerima manfaat berasal dari pekerja lepas harian mulai dari petugas kebersihan, supir ojol atau taksi, para pengumpul barang-barang bekas, serta masyarakat yang ekonominya bergantung pada kegiatan harian di luar rumah.

"Dan yang paling penting tuh makanannya dihabiskan," sambungnya.

Kegemaran para pemilik Ngemealyuk akan kegiatan jalan-jalan atau traveling kemudian menghasilkan inspirasi membuat program roadtrip alias jalan-jalan sembari berbagi. Alhasil, program Hantarkan Semangat kini enggak hanya beroperasi di Jakarta atau Bintaro saja, melainkan ke berbagai kota.

Salah satu kota yang sudah dikunjungi oleh Nova bersama tim Ngemealyuk antara lain Kota Bandung. Bahkan, saat diwawancara, ia bersama tim sedang dalam perjalanan menuju Semarang untuk menjalankan roadtrip Hantarkan Semangat.

Di kota tujuan, mereka secara acak membagikan makanan yang berasal dari menu tersebut. Sasaran penerima manfaatnya pun sama: pekerja lepas harian yang ekonominya bergantung pada aktivitas di luar rumah sehari-hari.

Baca Ini Juga Yuk: Cara Asyik Belanja Sambil Beramal di BarBeKu

Lebih dalam lagi, Nova bercerita ia punya segudang cerita saat menjalankan roadtrip Hantarkan Semangat. Pernah sesekali, ia menemui penerima manfaat yang bahkan belum makan dari hari kemarin saat ia menerima makanan. Akan tetapi, dari segudang cerita tersebut, ia merasa hatinya begitu hangat karena banyak doa yang terucap dari penerima manfaat.

"Akhirnya para penerima manfaat ini jadi hafal sama kita. Tanggapan mereka tentunya senang, dan banyak doa yang mengalir buat sesama," terangnya.

#AksiBaik ini diharapkan Nova bisa menjadi cetak biru dan dapat ditiru sesama pelaku bisnis serupa. Setidaknya, para pelaku bisnis kuliner bisa menerapkan cara yang paling sederhana, seperti menuliskan kata-kata semangat untuk penerima makanannya. Ia dan tim merasa senang apabila #AksiBaik ini diduplikasi siapapun dan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Sekalipun pandemi berakhir kelak, Nova menyebut program Hantarkan Semangat bakal terus digulirkan. Selama Ngemealyuk eksis, ia menyebut program ini bakal terus bergulir. Keren ya!

Buat kamu yang mau ikutan program Hantarkan Semangat dari Ngemealyuk, kamu bisa menghubungi mereka di Instagram @ngemealyuk. Berbagai inisiatif bantuan bisa kamu berikan untuk gerakan ini mulai dari materi, tenaga, hingga yang paling sederhana: menyebarkan #AksiBaik ini untuk diketahui lebih banyak orang lagi.

Jadi, tunggu apa lagi, TemanBaik? Panjang umur aksi baik dan segala kebaikan yang ada di bumi!


Foto: Istimewa/Dokumentasi Ngemealyuk


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler