Cerita Ribuan Gelas dari Bagi Kopi Kala Pandemi

Bandung - #AksiBaik kali ini datang dari Bagi Kopi. Masih dalam suasana saling jaga dan saling bantu saat pandemi, mereka membagikan kopi dan makan siang gratis kepada warga di sekitar kedainya.

Sejak awal terpaan pandemi, Bagi Kopi sudah mulai rutin menggelar aksi baik ini. Dalzi Rochimat Danil selaku pemilik Bagi Kopi, menceritakan kegiatan ini berawal dari pembagian segelas kopi di awal 2020 atau masa awal pandemi. Mereka mengusung tema #BerbagiDariKopi. Sepanjang 2020 itu, sebanyak 9.800 gelas kopi sudah dibagikan.

Saat terjadi lonjakan kasus COVID-19 pada pertengahan 2021, banyak kalangan menggalakan aksi #WargaBantuWarga. Bagi Kopi enggak ketinggalan melakukannya.

Jika tahun lalu hanya segelas kopi yang dibagikan, kini mereka juga membagikan makan siang kepada warga yang melintas di sekitar kedai. Beberapa titik kedai atau outlet Bagi Kopi di Bandung sendiri berada di wilayah Cigadung, Ujung Berung, Jalan Reog, dan Jalan Sulanjana.

"Kegiatan ini merupakan upaya gotong Royong di masa sulit. Jadi, kita setop untuk saling menyalahkan, terus berjuang, dan membantu untuk memutar kembali roda ekonomi di sekitar kita," ujar Dalzi kepada Beritabaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Mulyadi, Ojol Disabilitas yang Antarkan Bubur Ayam Gratis

Sepekan sekali, secara acak kedai-kedai Bagi Kopi membagikan nasi bungkus gratis untuk makan siang warga. Di dalamnya berisi nasi dan lauk pauk dengan menu acak. Saat ditanya jumlahnya, Dalzi menyebut sudah lebih dari 800 nasi bungkus terbagikan kepada warga yang melintas di kedai-kedai Bagi Kopi.

Selain berbagi di dekat kedai, para kru Bagi Kopi juga terjun ke jalanan membagikan makanan kepada yang membutuhkan. Mereka blusukan berbagi kepada pekerja lepas harian, juru parkir, serta pengumpul barang bekas.

Dalzi juga menekankan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi yang jadi salah satu kunci kemenangan. Menurutnya, ketimbang saling menyalahkan dan terus berpikir negatif tentang pandemi di Indonesia, baiknya tetap saling jaga, saling bantu, dan saling dukung serta mengobarkan api gotong royong.

"Jangan pernah patah semangat dan menyerah sama keadaan. Tidak perlu juga menyalahkan siapapun. Mari kita buang semua pikiran negatif, kemudian saling berbagi dan membantu agar roda ekonomi keluarga dan lingkungan sekitar kita berputar lagi," ajaknya.

Baca Ini Juga Yuk: Meringankan Beban Sesama Lewat #BagasiBeras

Buat kamu yang belum kenalan, Bagi Kopi telah hadir di empat kota dan 13 cabang. Kamu bisa mengikutinya di akun Instagram @bagikopiid.

Semoga #AksiBaik ini bisa menginspirasi kita semua untuk meramaikannya, ya. Nah, kalau di daerahmu bagaimana? Apakah ada #AksiBaik serupa? Kalau ada, tolong beritahu kami ya!

Jaga dirimu di manapun berada, TemanBaik!


Foto: Istimewa/Dokumentasi Bagi Kopi


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler