Cerita Kebahagiaan Berbagi ala JNE Lewat Buku 'Bahagia Bersama'

TemanBaik, apa sih arti kebahagiaan menurutmu? Apakah ketika sedang melakukan hal yang kamu sukai? Makan makanan favorit? Berkumpul dengan orang terkasih? Atau justru saat sedang berbagi kesenangan dengan orang lain? 

Tentu setiap orang memiliki arti kebahagiaan yang berbeda-beda. Seperti halnya arti bahagia yang ditebarkan oleh JNE, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik. 

Pada 7 September 2021 kemarin, JNE mendeklarasikan hari Bahagia Bersama untuk diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia. Bersamaan dengan itu, JNE juga meluncurkan buku yang berjudul 'Bahagia Bersama' loh, TemanBaik.

Buku 'Bahagia Bersama' merupakan karya dari seorang penggiat literasi, Maman Suherman, dan seorang kartunis yang sekaligus menjadi ilustrator buku ini, yaitu Muhammad Misrad atau yang akrab disapa Mice. 

"Ini buku pertama saya soal profil perusahaan. Sebelumnya tidak pernah karena saya takut ada keharusan menulis sesuatu. Tapi Pak Feri selaku direktur mempersilakan saya menulis apa saja. Setelah dipersilakan itu, dalam tiga bulan buku ini selesai," cerita Maman. 

Maman juga mengungkapkan jika bagi dirinya kebahagiaan adalah saat kita dapat memberikan dampak atau manfaat untuk orang lain. Karena jika untuk diri sendiri itu hanya sebuah kesenangan. 

Di sisi lain, sebagai ilustrator buku 'Berbagi Bersama', Mice menambahkan bahwa buku ini memberi tahunya soal arti dan perbedaan dari tiga slogan JNE yaitu berbagi, memberi, dan menyantuni. 

"Tiga kata untuk buku ini adalah buku siraman rohani. Selama ini kan kita gak tahu perbedaan antara berbagi, memberi, dan menyantuni. Jadi kalau mau tahu, baca aja bukunya deh," ujar Mice. 

Deklarasi hari Bahagia Bersama sekaligus buku yang diluncurkan dibuat JNE sebagai implementasi dari slogan berbagi, memberi, dan menyantuni yang sudah dianut perusahaan sejak awal berdirinya. 

Menurut Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, kehadiran perusahaannya ingin selalu dapat menjadi penyambung kebahagiaan bagi banyak orang.

"JNE kan posisinya selalu di tengah. Baik antara pengirim dan penerima, bahkan penjual dan pembeli. Keduanya harus dibahagiakan. Maka JNE ingin terus menghubungkan kebahagiaan," ujar Feri. 

Feri menambahkan jika isi dari buku 'Bahagia Bersama' ini bisa menjadi salah satu sumber atau cara untuk mencari kebahagiaan. Feri juga percaya jika setiap kebaikan yang dilakukan pasti akan ada kebaikan lain yang akan didapatkan. 

Wah, menaik ya, TemanBaik? Jika sumber-sumber kebahagiaan diceritakan dalam satu buku, tentu akan sangat menginspirasi!

Nah, kalau TemanBaik penasaran dengan buku 'Berbagi Bersama' dari JNE ini, kamu dapat membelinya di toko buku Gramedia atau mengunjungi situs gramedia.com, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. 

Jadi, menurutmu apa sih makna dari Berbagi, Memberi, dan Menyantuni? Oh iya, jangan lupa bahagia ya, TemanBaik!


Foto: Tangkapan Layar 'Deklarasi Hari Bahagia Bersama' / Irsya Kireina

Jakarta -

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler