WCC Pasundan Durebang, Jadi Benteng Perlindungan Korban Kekerasan

Bandung - Kaum perempuan dan anak kerap jadi korban kekerasan hingga pelecehan seksual. Tapi, kadang mereka menyembunyikan apa yang dialami dengan alasan takut akan berbagai hal.

Di Bandung, Women's Crisis Center (WCC) Pasundan Durebang hadir untuk jadi solusi. Organisasi ini siap menjadi benteng bagi kaum perempuan dan anak-anak yang jadi korban kekerasan maupun pelecehan.

"Secara resmi organisasi kami berdiri pada 2013, tepatnya 9 Maret," kata Manajer SDM WCC Pasundan Durebang Clif Edward Kasakean.

Aktivitas para pengurusnya biasa dilakukan di Sekretariat WCC Pasundan Durebang di Jalan Dewi Sartika Nomor 119, Kota Bandung. Tapi, lingkup kerja organisasi ini meliputi Jawa Barat, bukan hanya Kota Bandung. Jadi, sering kali para pengurus dan anggotanya bepergian jauh ke lokasi korban dan memberikan bantuan.

Mereka yang jadi korban pun dipersilakan untuk datang ke lokasi. WCC Pasundan Durebang pun akan memberikan perlindungan, pendampingan, hingga membantu penyelesaian kasus secara hukum.

Mental korban pun berusaha dipulihkan dengan berbagai cara. Bahkan, ada pelatihan-pelatihan agar membuat korban menjadi manusia yang kembali berdaya. Semuanya dilakukan secara gratis.

Baca Ini Juga Yuk: Cegah Kekerasan dalam Keluarga, Jogja Sediakan Konseling Gratis

"Siapa pun bisa kontak atau langsung datang ke kami. Kerahasiaan masalahnya juga pasti selalu kita jaga," ungkap Clif.

Bisa dibilang, WCC Pasundan Durebang adalah Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Bedanya, WCC Pasundan Durebang adalah organisasi masyarakat sipil. Sedangkan P2TP2A jelas adalah instansi pemerintah.

Tapi, masing-masing pihak bisa berjalan. Sebab, masyarakat pengguna layanannya seolah memiliki dua pilihan, ingin dibantu WCC Pasundan Durebang atau P2TP2A. Intinya, kedua pihak ini punya tugas yang sama.

Sejak didirikan, secara perlahan mulai banyak masyarakat yang meminta bantuan pada WCC Pasundan Durebang. Bahkan, tahun ini saja ada sekitar 40-an kasus yang ditangani. "Kami banyak sekali menerima laporan atau menangani kasus-kasus kekerasan," ucap Clif.

Selain penanganan kasus, organisasi ini juga kerap melalukan beberapa kegiatan sosialisasi. Tujuan besarnya adalah menghindarkan kaum perempuan dan anak terhindar jadi korban kekerasan hingga pelecehan.

Nah, jika TemanBaik membutuhkan bantuan atau pendampingan dari WCC Pasundan Durebang di Kota Bandung, kamu bisa mengaksesnya di akun media sosial Pasundan-Durebang Women's Crisis Center (Facebook) dan @wcc_pasundandurebang (Instagram).

Selain itu, Temanbaik juga bisa menghubungi melalui nomor Whatsapp 0822-2103-9276 dan surel di alamat wcc_pasundandurebang@gmail.com.


Foto: Salah satu kegiatan WCC Pasundan Durebang di Bandung (Oris Riswan/BeritaBaik.id)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler