Ada 197.117 Lowongan CPNS di Indonesia, Siap-siap Daftar Ya!

TemanBaik, ada informasi nih bagi kamu yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pemerintah membutuhkan 197.117 orang untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pendaftarannya akan dibuka pada 11 November 2019.

Rinciannya, untuk instansi pusat yang meliputi kementerian dan lembaga, ada 37.854 formasi. Sedangkan sisanya, sebanyak 159.257 formasi dibuka untuk 467 pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota.

Ada tiga proses yang harus ditempuh jika kamu ingin mendaftar. Usai melakukan pendaftaran, ada seleksi administrasi, kompetensi dasar, dan kompetensi bidang. Sedangkan pengumuman mereka yang lolos menjadi CPNS akan dilakukan pada Mei 2020 mendatang.

Kepala BKPP Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana mengimbau agar calon pendaftar CPNS memperhatikan segala persyaratan. Jangan sampai ada persyaratan yang salah atau terlewat. Sebab, hal itu akan jadi penentu kelulusan proses seleksi.

Ia pun mengingatkan agar calon pendaftar membulatkan tekad. Jangan sampai ketika sudah lolos seleksi justru mengundurkan diri dengan beragam alasan.

"Bulatkan tekad. Karena jadi PNS itu rigid, tugasnya banyak melayani masyarakat, TKD (Tunjangan Kinerja Daerah) juga sudah terukur. Jangan sampai sudah masuk (lolos seleksi) malah mundur. Karena di luar sana banyak yang antri ingin masuk," kata Yayan dalam Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (29/10/2019).

Jika TemanBaik ingin mendaftar CPNS, siapkan berbagai persyaratannya dari sekarang ya. Informasinya bisa kamu akses di laman resmi, yaitu www.bkn.go.id, www.menpan.go.id, serta di laman resmi instansi atau pemerintah daerah masing-masing.

"Di situ akan disampaikan informasi resmi, persyaratan, dan lain-lain," jelas Yayan.

Sedangkan khusus untuk pendaftaran, ini hanya dibuka secara online, yaitu di laman www.sscasn.bkn.go.id. Jadi, jangan sampai kamu mendaftar di situs atau laman lain ya. Sebab, semua hanya dilakukan satu pintu.

Sementara khusus untuk di Kota Bandung, formasi CPNS yang dibuka ada 868. Berkaca dari pengalaman tahun lalu, jumlah pendaftar diperkirakan lebih dari 19 ribu orang. Tapi, tenang, sebanyak apapun pendaftar tidak akan ditolak kok. Tapi, jika sudah mendaftar, jelas ada prosedur seleksi yang harus diikuti.

"Untuk pendaftaran ini tidak ada pembatasan jumlah peserta," ucap Yayan.

Siap-siap dari sekarang ya TemanBaik jika ingin mendaftar CPNS. Sehingga, saat pendaftaran dibuka, kamu bisa langsung mendaftarkan diri!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler