Kampus Ini Dirikan Perpustakaan Alam di Nusakambangan

Bandung - Dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Departemen Antropologi FISIP UI menghadirkan perpustakaan alam di Kampung Laut Segara Anakan, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebanyak 523 koleksi bacaan disediakan di perpustakaan alam tersebut. Perairan Segara Anakan sendiri dikenal dengan beragam jenis mangrove dan ikannya.

Perwakilan dari Departemen Antropologi FISIP UI Prihandoko Sanjatmiko mengatakan bahwa program membangun masyarakat di Kampung Laut, Pulau Nusakambangan sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu.

Program ini terjalin berkat kerja sama dengan Kelompok Tani Mangrove Krida Wana Lestari untuk pelestarian mangrove.

"Perpustakaan alam ini dibangun untuk meningkatkan minat baca masyarakat serta sebagai ruang bermain anak dengan alam. Sasaran dari pengabdian masyakat ini memang untuk anak-anak, dan anak-anak bergembira ria membaca buku," ujarnya yang dilansir dari laman ui.ac.id.

Kehadiran perpustakaan alam disambut gembira oleh masyarakat setempat. Dan diharapkan bisa mencerdaskan masyarakat, khususnya anak-anak.

Selain membaca buku, pengunjung perpustakaan alam juga bis menikmati kegiatan lainnya loh. Salah satunya adalah menikmati keindahan alam hutan mangrove yang terdapat di lokasi tersebut.

Diharapkan perpustaakan alam tersebut bisa terus berkembang lagi dan dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar dan wistawan.

Untuk akses ke perpustakaan alam, TemanBaik bisa mempergunakan perahu dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Dermaga Sleko Cilacap.


Foto: ui.ac.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler