Mencoba LRT Jakarta, Rawamangun - Kelapa Gading Cuma 13 Menit!

Jakarta - Pihak Light Rail Transit (LRT) Jakarta, membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mengikuti operasi uji coba publik, pada periode 11 Juni hingga 21 Juni. Pihak LRT memberikan pengumuman tersebut, melalui akun media sosial mereka, seperti twitter dan instagram.

Bagi TemanBaik yang hendak mencoba moda transportasi ini, pihak LRT membuka pendaftaran melalui website. TemanBaik bisa mendaftarkan dirinya dengan cara memasukan nama lengkap, email, jumlah tiket, jumlah tiket yang dipesan, serta jadwal keberangkatan. Langkah selanjutnya, jika sudah mengisi data diri, maka calon penumpang akan mendapatkan email berisi e-ticket. Nantinya e-ticket tersebut akan ditukarkan dengan tiket Single Trip Journey (STJ) di loket yang tersedia.

Perlu diperhatikan, satu tiket hanya berlaku untuk satu orang saja. Namun, bagi masyarakat tidak sempat mendaftarkan dirinya melalui website, pendaftaran juga bisa dilakukan pada loket LRT dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

LRT memiliki jalur sepanjang 5,8 km, dari stasiun awal hingga stasiun akhir. Terdapat enam stasiun dalam jalur perjalanan LRT yakni, Stasiun Velodrome, Stasiun Equestrian, Stasiun Pulomas, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Boulevard Utara, dan Stasiun Pegangsaan Dua (Mall Kelapa Gading) dan Depo LRT.

Pada uji coba publik ini, bukan hanya warga ibu kota saja yang menikmati LRT, tapi penumpang yang berasal dari luar kota pun ada. "Dateng ke sini bareng sama temen-temen. Tujuannya ya cuma mau coba ini, foto-foto gitu dan ngerasain juga gimana rasanya naik LRT," ujar Aldi yang sengaja datang dari Bandung untuk mencoba LRT.

Tidak jarang ditemukan beberapa orang tua yang membawa anak-anak mereka. Para pekerja yang akan bekerja di kawasan Rawamangun - Kelapa Gading pun, tidak mau ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk bisa pergi ke kantor menggunakan LRT secara gratis.

"Rumah saya di Kelapa Gading, kantor saya di Rawamangun. Biasanya 'kan kalau ke kantor bawa kendaraan sendiri, tapi karena LRT udah selesai, ya saya coba naik ini," ujar Ellin, seorang karyawan swasta.

"Waktu pas pembangunan, rasanya pengen cepet-cepet selesai aja. Tahu 'kan, daerah Gading yang hari biasa aja udah macet, terus waktu pembangunan ini tambah macet. Tapi sekarang, saat udah bisa digunakan bersyukur karena LRT hadir di tengah-tengah daerah perumahan seperti ini. Jadi, ke kantor bisa hemat tenaga, karena gak nyetir dan gak perlu macet-macetan. Tinggal duduk sebentar, tahu-tahu, sudah sampai di Stasiun Velodrome," tambahnya.

Perjalanan dari Rawamangun hingga Kelapa Gading, jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum lain bisa mencapai sekitar 45 menit. Namun, dengan adanya LRT dapat memangkas waktu tempuh menjadi 13 menit.

Light Rail Transit (LRT) merupakan transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. Disetiap keretanya juga terdapat ruang khusus bagi pengguna kursi roda. Celah antara peron dengan kereta, dibuat tidak renggang, agar memudahkan saat proses keluar dan masuk kereta. Kapasitas penumpang pada setiap trainset (2 kereta) adalah 270 orang.

Nantinya saat sudah resmi beroperasi, LRT akan memulai perjalanan dari pukul 06.00 - 22.00 WIB pada hari kerja dan dari pukul 07.00 - 23.00 pada akhir pekan. 

Tarif flat LRT (Velodrome - Pegangsaan Dua) sebesar Rp 5.000


Foto: Nurul Faradila

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler