Ini Bedanya Quick Count, Real Count, dan Exit Poll

Bandung - Pemilu 2019 yang berlangsung pada 17 April telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 809.497 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia sudah melakukan pemungutan suara.

Setelah pemilu selesai digelar tentu harus dilakukan penghitungan suara. Hingga saat ini sudah banyak lembaga survei yang mengumumkan hasil perolehan sementara untuk masing-masing pasangan calon di Pemilu 2019. Berikut adalah tiga istilah yang berhubungan dengan pemungutan suara. Apa saja? Berikut ini penjelasannya:

Quick Count
Quick count adalah sebuah metode pemungutan suara yang dilakukan dengan cara menghitung persentase hasil pemilu di TPS yang dijadikan sebagai sampel. Oleh karena itu, persentase perolehan suara masing-masing pasangan calon bisa langsung diketahui di hari yang sama setelah pemilu selesai dilaksanakan.

Baca Ini Juga Yuk: Kamu Bisa Ikut Cegah Spanduk Kampanye Jadi Sampah, Begini Caranya

Real Count
Real count adalah hasil perhitungan suara yang resmi dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Metode ini biasanya menggunakan data dari KPU, adapun yang menggunakan data dari saksi dan anggota tim sukses masing-masing pasangan calon yang ada di TPS. Real count biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan quick count.

Exit Poll
Bagaimana dengan exit poll? Metode ini merupakan survei yang dilakukan dengan cara menanyakan secara langsung kepada pemilih yang datang ke TPS. Hanya saja apabila menggunakan metode yang satu ini tidak menjamin hasilnya, sebab bisa aja pemilih berbohong mengenai capres pilihannya.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler