Keren! Ada 5 TPS Unik di Sepanjang Jalan Cibadak Bandung

Bandung - Beragam cara dilakukan panitia Pemilu 2019 untuk membuat warga semangat datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Di Kota Bandung misalnya, di sepanjang Jalan Cibadak terdapat banyak TPS dengan tema unik.

Ada lebih dari lima TPS di lokasi dengan keunikan masing-masing. Salah satunya bertema Tujuh Pendekar Pemilihan Suara. Para petugas KPPS-nya terlihat memakai pakaian ala pendekar berwarna ngejreng, termasuk memakai ikat kepala. Bahkan, ada yang memakai kimono lengkap dengan riasan wajah ala perempuan Jepang.

Ada juga yang bertema nuansa China. Di area luarnya dipajang dua barongsai. Sedangkan para petugasnya memakai pakaian tradisional ala China.

Selain itu, ada TPS bertema Hari Kartini. Di sini, mayoritas petugasnya yang merupakan perempuan memakai kebaya. Ada juga loh yang bertema pakaian ala koboi hingga pakaian adat Sunda.

Ketua KPPS 04 Arif Yunara mengatakan cara unik itu dilakukan agar warga semangat menggunakan hak pilihnya. TPS-TPS unik di sekitar lokasi pun biasanya memiliki tingkat partisipasi tinggi.

Dari mana sih para panitia pemilu di sepanjang Jalan Cibadak itu menyiapkan berbagai perlengkapan unik itu? Ternyata, mereka memakai uang pribadi loh.

"Kami sengaja menyewa, beberapa panitia juga menyisihkan dana untuk menyewa kostum," ujar Arif.

Sementara selain di Jalan Cibadak, ada beberapa TPS unik lain yang tersebar di Kota Bandung. Salah satunya di kawasan Liogenteng, Kecamatan Astaanyar. Di sana, tema TPS-nya adalah Konferensi Asia Afrika. Berbagai bendera negara Asia-Afrika dipasang sehingga suasana tampak meriah.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler