Gubernur DIY Diajak ke Rusia Loh, Ada Apa Ya?

Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapat ajakan ke Rusia loh TemanBaik. Ia diundang secara khusus untuk menghadiri Festival Indonesia di Moskow, Rusia, pada 2-4 Agustus 2019 mendatang.

Undangan itu diberikan langsung Duta Besar RI untuk Rusia M Wahid kepada Sri Sultan di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan Yogyakarta, pada Senin (4/3/2019).

"Kedatangan kami ini punya tujuan utama mengundang Gubernur DIY untuk kembali mengikuti Festival Indonesia," kata Wahid di laman resmi Pemprov DIY.

Apa sih Festival Indonesia? Festival ini adalah ajang yang digelar KBRI Rusia untuk memperkenalkan berbagai hal tentang Indonesia kepada publik setempat. Mulai dari produk makanan hingga penampilan seni dan budaya.

Dari festival itu, warga Rusia, termasuk orang-orang Eropa, diharapkan akan semakin tertarik berkunjung ke Indonesia. Tahun ini, Festival Indonesia akan memasuki pelaksanaan keempat kalinya loh. "Rencananya, pelaksanaan tahun ini akan lebih besar dan meriah," ungkap Wahid.

Dari tiga tahun pelaksanaan Festival Indonesia yang menyasar pengusaha UMKM itu, ternyata dari waktu ke waktu semakin berkembang. Di tahun pertama, pesertanya hanya 30 pengusaha dari Indonesia yang ikut. Tahun kedua, jumlah meningkat hingga 70 pengusaha. Di tahun terakhir jumlahnya pun lebih banyak lagi.

Baca Ini Juga Yuk: KAI Punya Kafe Kopi di Yogyakarta, Yuk Intip Menu dan Suasananya!

Festival Indonesia pun cukup menarik perhatian loh. Jika pada edisi pertama dihadiri puluhan pengunjung, tahun-tahun berikutnya pengunjung meningkat pesat."Jumlah pengunjung pun makin meningkat. Di tahun 2016 lalu sekitar 68 ribu pengunjung, lalu 2017 naik jadi 91 ribu, tahun 2018 naik lagi jadi 135 ribu orang," ungkapnya.

"Karena itu tahun ini target kami di angka 140 ribu pengunjung. Rencananya kami pun menyediakan 100 stand," jelas Wahid.

Melalui undangan kepada Gubernur DIY, Wahid berharap DIY mengirimkan kembali perwakilannya untuk memeriahkan Festival Indonesia. Apalagi, ada misi dan manfaat jangka panjang yang bisa dimaksimalkan untuk potensi bisnis.

Sebab, pada 1 Agustus 2019 akan digelar Forum Bisnis sebagai rangkaian kegiatan festival. Melalui forum itu, para pengusaha yang datang bisa saling memperlihatkan prospek kerjasama bisnis, baik sesama pengusaha Indonesia maupun asing.

"Kami maunya tidak lagi hanya sekedar jual produk dan habis terjual, tapi bagaimana keberlanjutannya. Karena itu kami adakan forum bisnis," tutur Wahid.

Sementara selain DIY, Wahid juga mengajak beberapa daerah lain di Indonesia untuk ikut serta dalam festival tersebut. Salah satunya, seluruh pemprov di Pulau Jawa sudah mengonfirmasi akan turut jadi peserta.

Foto: dokumentasi Humas Pemprov DIY

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler