Komitmen KPU Bagi Penyandang Disabilitas di Pemilu 2019

Bandung - Para penyandang disabilitas tidak perlu khawatir saat menghadapi Pemilu 2019 mendatang. Tenang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi perhatian kok bagi mereka. KPU bahkan menjamin bahwa mereka bisa menggunakan hak pilihnya.

"Hak pilih penyandang disabilitas penting dalam pemilu," kata Kabiro Teknis dan Hupmas Setjen KPU RI Nur Syarifah di laman resmi KPU.

Sebagai langkah awal, penyandang disabilitas harus mengecek apakah namanya terdaftar sebagai pemilih atau tidak. Caranya, akses infopemilu.kpu.go.id.

Jika belum terdaftar sebagai pemilih, penyandang disabilitas bisa segera mengurusnya ke KPU setempat. Petugas KPU pun akan memfasilitasi agar mereka terdaftar sebagai pemilih.


Untuk aksesibilitas, KPU juga memberi jaminan tempat pemungutan suara (TPS) ramah bagi penyandang disabilitas. Bilik suara akan disesuaikan tingginya agar nyaman bagi pengguna kursi roda.

KPU juga menyediakan template bagi disabilitas netra agar tidak kesulitan mencoblos kandidat yang dipilih. Bahkan, KPU akan menyediakan petugas pendamping untuk membantu penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan saat pencoblosan.

Nah, para penyandang disabilitas tak perlu khawatir ya. Jadi, gunakan hak pilihmu di pemilu nanti. Jangan sia-siakan hak yang kamu miliki untuk menentukan masa depan bangsa melalui pemilu.


Foto: sosialisasi pemilu ke penyandang disabilitas/dokumentasi KPU RI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler