Canggih! Australia-Indonesia-Singapura Kini Terhubung Lewat SKKL

Bandung - Tahun ini, Indonesia dan Singapura bikin kongsi canggih nih di bidang telekomunikasi. Kolaborasi itu melibatkan XL Axiata, Vocus Group dan Alca tel Submarine Networks yang sukses merampungkan proyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Australia-Indonesia-Singapura! Bangga kan TemanBaik?

Proyek pembangunan sudah dimanfaatkan lohawal Oktober 2018. Bagi XL Axiata, keberadaan SKKL ini akan memperkuat jaringan data, termasuk mengatasi peningkatan trafik data di masa mendatang.

"Dengan selesainya pembangunan SKKL,  kami menjadi lebih leluasa dalam memperkuat jaringan data ditengah pesatnya penggunaan intermet. Adanya SKKL ini juga jadi infrastruktur penting untukmempersiapkan peningkatan trafik data di masa depan," ujar Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya kepada BeritaBaik, Rabu (20/1/2019).

Yessie menambahkan, SKKL yang menyambungkan Australia dengan Singapura melalui perairan Indonesia ini juga punya nilai strategis loh. Jalur utama ini akan menyalurkan trafik dari Indonesia ke jaringan global dengan menghindari wilayah-wilayah yang rawan gempa bumi. 

Jadi, kalau jaringan internet melalui Singapura terjadi gangguan, akses Internet dari Indonesia ke jaringan global enggak akan ikut terganggu karena dialihkan melalui Australia. 

"Dengan adanya kabel bawah laut baru ini, kami juga mendukung visi pemerintah dalam pemanfaatan teknologi digital. Saat in masyarakat Indonesia bisa menikmati jaringan internet cepat dan berkualitas tinggi,' tambahnya.

Keren enggak sih, SKKL Australia–Indonesia-Singapura ini menyediakan konektivitas berkapasitas raksasa loh, baik ke Singapura dan ke Australia. Kapasitas yang tersedia mencapai 30Tb untuk jalur Jakarta – Singapura, serta 20Tb antara Jakarta – Perth Australia. Berarti, SKKL  ini mampu menyediakan kapasitas 6 kali lipat dari total kapasitas yang ada saat ini. Canggih!

Foto XL Axiata

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler