PVMBG Bikin Tim Antisipasi Bencana Jelang Natal dan Tahun Baru

Bandung - Jelang musim liburan Natal dan Tahun Baru, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membentuk Tim Antisipasi Kebencanaan Geologi. Tujuan besarnya mencegah adanya korban jika sewaktu-waktu terjadi bencana geologi, seperti gunung meletus, gempa bumi dan gerakan tanah.

Tim itu terdiri dari para ahli yang kompeten di bidang masing-masing. Mereka ditempatkan di Kantor Pusat Kementerian ESDM di Jakarta dan di Bandung. Anggota tim juga ditempatkan di berbagai titik di Indonesia.

Tim bertugas melakukan pemetaan dan analisis terhadap tempat-tempat wisata yang memiliki potensi terjadinya kebencanaan geologi. Mereka juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pengelola wisata agar meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan skema evakuasi.

Untuk gunung api, PVMBG juga sudah mengirim tim tanggap darurat ke berbagai gunung yang saat ini terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. Gunung itu adalah Sinabung, Anak Krakatau, Agung dan Soputan.

"Untuk kesiapsiagaan tim gunung api, kita melakukan pemantauan 24 jam," kata Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Kristianto di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018).

Tim pemantau gunung api di seluruh Indonesia juga diinstruksikan meningkatkan pemantauan, terutama di gunung yang jadi tempat wisata. Segala macam informasi akan segera disampaikan ke pihak-pihak terkait.

Sehingga, ketika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di suatu gunung, ada langkah cepat yang bisa diambil. Salah satunya merekomendasikan evakuasi warga atau pengunjung hingga menutup sementara gunung untuk wisatawan.

Sedangkan untuk gerakan tanah, PVMBG sudah menginformasikan kawasan rawan gerakan tanah kepada seluruh pemprov di Indonesia. Selain itu, PVMBG juga memberikan rekomendasi jalan mana saja yang digunakan, termasuk jalur evakuasi jika terjadi gerakan tanah atau longsor.

"Tim kita juga akan melakukan inspeksi, terutama ke jalur-jalur wisata musim liburan Natal dan Tahun Baru," ujar Kabid Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Agus Budianto.

PVMBG juga merekomendasikan pemerintah daerah untuk memasang rambu-rambu rawan longsor. Sehingga, masyarakat yang melintas ke jalur wisata bisa lebih berhati-hati.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler