Bandung Lagi Panas Banget Nih, Ini Penyebabnya

Bandung - Kalau TemanBaik perhatikan, akhir-akhir ini suhu Bandung sedang panas-panasnya. Ternyata hal ini disebabkan oleh sebuah fenomena bernama Equinox.

Equinox adalah salah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa. Peristiwa ini secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober.

Saat ini matahari sedang bergerak menuju belahan bumi bagian selatan dan biasanya tiap tahun posisi matahari tepat berada di -6° Lintang Selatan (koordinat Lintang wilayah Bandung).

Fenomena ini menyebabkan suhu di beberapa kota di Indonesia mengalami panas berlebih. Di bulan Oktober, Equinox sendiri terjadi antara tanggal 5 sampai 10 Oktober. Oleh karena ini, belakangan ini suhu di Bandung terasa lebih panas dari biasanya, dikarenakan matahari tepat berada di lintasan sekitar pulau Jawa.

Baca juga: Bandung Lagi Dingin-dinginnya Nih, Gara-gara Apa Sih?

Hampir seluruh kota di Indonesia mengalami fenomena Equinox, hanya saja terdapat perbedaan waktu sesuai dengan kapan matahari dan titik koordinat lintang melewati daerah tersebut.

Ketua Stasiun Geofisika Kelas I BMKG Kota Bandung, Tony Agus Wijaya menjelaskan bahwa fenomena ini adalah hal yang biasa dan rutin terjadi setiap tahun. "Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab tidak ada dampak yang membahayakan bagi manusia," tuturnya saat dihubungi BeritaBaik.

Fenomena Equinox hanya terjadi sementara. Dua minggu lagi posisi matahari akan bergeser ke arah selatan, sehingga cuaca tidak akan sepanas ini lagi. "Di akhir Oktober wilayah Bandung akan memasuki musim penghujan, jadi suhu seperti ini akan berakhir," kata Toni.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler