Masjid Salman ITB Fokuskan Hewan Kurban di Lombok Utara

Bandung - Idul Adha tahun ini Rumah Amal Salman ITB fokus menyalurkan hewan kurban di wilayah terdampak gempa di sekitar Lombok Utara. Seperti diketahui, di kawasan tersebut banyak warga yang mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Manager Program Pemberdayaan Rumah Amal Salman Riki Ramdhani mengatakan, saat ini Salman membuat program khusus Kita Untuk Lombok untuk menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan. Tahun ini, ada delapan ekor sapi yang disembelih di sekitar Lombok Utara.

"Sebagai pertimbangan kepraktisan, kami membeli hewan hidup langsung di sekitar lokasi terparah gempa Lombok. Namun bobot dan standar harga disamakan dengan kurban di Bandung," ujar Riki kepada BeritaBaik di Masjid Salman ITB Jalan Ganeca, Rabu (22/8/2018) kemarin.

Idul Adha kali ini Panitia Kurban Masjid Salman menerima hewan titipan kurban sebanyak 195 ekor kambing dan 36 sapi. Hewan tersebut berasal dari jemaah Salman, dosen dan staf ITB serta kalangan yang tergerak berkurban di usia muda. Sesuai tanda pagar yang disebarluaskan di media sosial, Rumah Amal Salman memang mengajak kaum muda yang mampu untuk berkurban.

Ia melanjutkan, di Pelataran masjid Salman sendiri, ada 11 ekor sapi dan 53 ekor kambing yang disembelih lalu didistribusikan secara langsung kepada mereka yang berhak menerima. Untuk mempercepat proses penyembelihan, alat-alat yang digunakam juga sudah menggunakan teknologi canggih.

"Untuk hewan yang disembelih di Salman panitia mengurusnya dengan peralatan yang didukung dinas Ketahanan Pangan dan  Peternakan Jawa Barat dan modifikasi alat canggih dari kami. Sisa hewan hidup lainnya biasanya kami sebar di sekitar RT dan RW di wilayah ring 1 Babakan Siliwangi," jelasnya.

Selain di Bandung dan Lombok, sudah 3 tahun Salman juga rutin berkurban di daerah konflik Somalia dan Rohingya. Pelaksanaan kurban sendiri bermitra dengan salahsatu lembaga pelaksana kurban.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler