Serial Dokumenter Kampanye Bali Bebas Plastik Siap Diluncurkan

Kota Denpasar - Serial film dokumenter bertajuk 'Pulau Plastik' bakal diluncurkan akhir pekan ini. Film dokumenter ini terdiri dari empat episode yang merupakan bagian dari kampanye Bali bebas sampah plastik. Rencananya film bakal dirilis di Pasar Badung, Kota Denpasar 6 Desember 2019.

Keempat episode ini masing-masing mengambil judul dari kosa kata Bali yakni 'Segara Kertih', 'Karmaphala', 'Bedawang Nala', dan 'Tri Hita Karana'. Serial dokumenter berisi tentang upaya edukasi pada masyarakat terkait bahaya dan dampak buruk akibat sampah plastik sekali pakai.

Senior Project Officer Pulau PIastik dari Kopernik, Andre Dananjaya menjelaskan Serial Pulau Plastik merupakan kampanye kolaboratif antara Kopernik, Akarumput, dan Visinema.

"Berdasarkan riset yang tim lakukan banyaknya penggunaan kantong plastik sekali pakai dan kurangnya informasi tentang solusi alternatif merupakan tantangan terbesar bagi masyarakat dalam upaya mengurangi penggunaannya," ucapnya Selasa (3/12/2019) dalam konferensi pers di Kota Denpasar.

Karena itu ia menyebut sosialisasi bahaya plastik sekali pakai serta penyediaan solusinya menjadi sangat penting. "Sebenarnya ada berbagai solusi alternatif yang lebih ekonomis sekaligus selaras dengan nilai-nilai budaya di Bali. Namun nlai-nilai ini kini justru banyak ditinggalkan," ujar Gede Robi, salah satu aktivis kampanye Bali bebas sampah plastik.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Film Dokumenter Animasi yang Bakal Hadir di FFD 2019

Vokalis band grunge Navicula ini menganggap sudah saatnya mengenalkan kembali solusi-solusi ini. "Misal dengan tidak menggunakan kresek sekali pakai untuk wadah banten (sesajen) saat bersembahyang ke Pura. Ide-ide sederhana berbasis kebijakan lokal seperti ini yang kami coba bagikan melalui empat episode dokumenter," sambung Robi.

Ia menyebutkan ini adalah momen yang tepat bagi pemerintah, masyarakat serta korporasi untuk memutuskan aktif berkampanye mengurangi penggunaan plastik. "Terlebih lagi, Gubenur Bali telah menerapkan Peraturan Gubernur tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik dan pengelolaan sampah sampah dari hulu," tambahnya.

Pengelolaan sampah plastik dari hulu memaksa daerah-daerah untuk memulai kesadaran mengelola sampahnya dengan mandiri. Di samping peran pemerintah, korporasi dan masing-masing individu juga punya peran dalam upaya pengurangan plastik sekali pakai.

Serial Pulau Plastik mencakup isu seputar plastik sekali pakai dan membahas hubungan filosofi serta kepercayaan masyarakat Bali dalam kaitannya dengan plastik sekali pakai. Pada setiap episodenya menampilkan figur lokal seperti I Wayan Koster yang merupakan Gubernur Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra selaku Wali kota Denpasar, maupun Suzy Hutomo dari The Body Shop Indonesia serta Ida Mas Dalem Segara salah satu pemuka agama dari kalangan anak muda.


Foto: Ahmad Muzakky/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler