Tak Perlu Cemas! Simak Kiat ini Saat Obati Sakit Anak

- Jumat, 9 Desember 2022 | 18:10 WIB
Ilustrasi anak yang sedang sakit. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi anak yang sedang sakit. (Unsplash/Kelly Sikkema)

 

BERITABAIK.ID - Obat-obatan sirup untuk anak sering kali membuat khawatir para orang tua. Masih banyak orang tua belum mengetahui obat mana yang aman untuk anak.

Maka dari itu, Pokja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memfasilitasi para orang tua di Kota Bandung untuk mengobati anak melalui webinar Sehat Tanpa Cemas, Jumat (9/12/2022).

Salah satu pemateri pada webinar ini, Apoteker Rahmat Hidayat mengatakan, kebanyakan orang tua belum konsisten memberikan obat di waktu dan dosis yang tepat. Sehingga, obat yang seharusnya bisa menyembuhkan dan membunuh bakteri virus, justru berbalik menyerang imun anak.

"Minum obat sesuai dengan waktu dan dosisnya. Terlebih obat-obatan antibiotik. Kalau terlewat waktu atau dosisnya kurang, kuman dan bakteri bisa semakin kebal terhadap obat tersebut. Sehingga anak-anak semakin sulit untuk sembuh," ungkap Rahmat dilansir dari laman resmi Humas Kota Bandung.

Baca Juga: Starbucks Membuka Gerai Berbahasa Isyarat Pertama di Indonesia

Ia juga menambahkan, banyak orang tua yang belum mengetahui obat mana yang kini dilarang di pasaran. Ia mengimbau agar masyarakat perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum membeli obat. 

"Misalnya anak demam. Tidak semua obat demam bisa diminum. Harus disesuaikan dengan diagnosa demamnya. Jangan beli obat di toko kelontong. Harus dikonsultasikan dengan dokter dan apoteker," imbaunya.

Ia juga memberikan sejumlah tip untuk para orang tua yang anaknya sulit minum obat racikan. Terlebih dalam kondisi obat sirup yang kini banyak ditahan penjualannya.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara ini Bisa Mengurangi Mata Minus

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Tips Mudah ini

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:30 WIB

Catat Nih! 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10 WIB

Diet Sehat dan Nikmat dengan Mengonsumsi 7 Sayuran Ini

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB
X